TNI-POLRI

IPW: Mutasi 160 Pati dan Pamen Polri Belum Sesuai Harapan

Jakarta, BEDAnews.com

Mutasi Polri berdasarkan TR tanggal 11 Maret 2017 kemarin adalah mutasi biasa dan tidak ada yang istimewa. Mutasi itu karena 3 hal yaitu pertama adanya sejumlah perwira yang pensiun, Kedua adanya sejumlah perwira yang mengikuti pendidikan Sespimti, Ketiga adanya Perwira Polri yang dipindahtugaskan ke luar institusi Polri untuk memperkuat lembaga atau institusi yang membutuhkan peran kepolisian.

Hal tersebutkan dijelaskan Neta S Pane, Ketua Presideum Ind Police Watch kepada wartawan melalui siaran pers. “Namun dari mutasi ini terlihat ada semangat konsolidasi yang kuat untuk menata jajaran tengah Polri pasca pilkada serentak, yakni dimutasinya sejumlah Kapolres,” imbuhnya.

Selain itu, terlihat juga upaya Polri untuk meningkatkan pemberantasan narkoba. Sebab itu dlm mutasi kali ini banyak perwira Polri yang digeser ke BNN untuk memperkuat lembaga pemberantasan narkoba itu. Yang disayangkan dari mutasi ke mutasi di tubuh Polri adalah masih terbiarkannya sejumlah perwira Kepolisian yang bertugas di institusi di luar Polri. Bahkan ada beberapa perwira yang sudah bertugas 5 tahun di institusi luar Polri tapi mereka tetap dibiarkan terpuruk disana, seakan sudah dilupakan elit-elit Polri.

Baca Juga  Seskoad Sambut Tim Wasrik Itjenad

Tak hanya itu, ada beberapa perwira Polri yang sudah 5 tahun menjadi di sebuah posisi tapi tak kunjung dimutasi, seperti Kabid Dokkes Polri atau Kepala Litbang Polri. “Mereka seperti terlupakan. Sementara ada sejumlah perwira yang beberapa bulan dimutasi di posisi "empuk" kini kembali mendapat posisi yang lebih empuk. Artinya tolok ukur mutasi di Polri masih belum jelas. Ada yang terlalu gampang di mutasi dan ada yang tidak pernah dimutasi,” katanya.

Fenomena ini perlu dicermati elit-elit Polri dalam setiap kali mutasi, agar Polri benar-benar bisa solid dan profesional. Jika dalam proses mutasi saja Polri masih diskriminatif, pilih kasih dan tidak profesional bagaimana aparaturnya dalam bertugas bisa profesional dan independen.

“IPW berharap dalam melakukan mutasi Polri lebih mengedepankan kapasitas dan kapabilitas Perwirawa-nya dan bukan atas dasar suka atau tidak suka,” pungkasnya. (MR)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close