HeadlineHukum

Daniel Darus Tjong Palsukan Merek kain Axinite

BANDUNG, BEDAnews.com – Daniel Darus Tjong pemilik Toko Sumber Berkat yang beralamat di jalan Tamim Bandung, diajukan ke persidangan karena dengan sengaja telah menggunakan merek yang sama dengan merek yang telah terdaftar milik pihak lain.

Hal itu terungkap dalam persidangan yang di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jl. L. L. R.E. Martadinata No.74 Kota Bandung, Kamis (30/4/2020)

Menurut jaksa penuntut umum dalam surat dakwaannya, bahwa awalnya sekitar tahun 2011 sampai dengan tahun 2017, penjualan bahan kain polyester merek Axinite yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT. Dunia Setia Sandang Tekstil mengalami omset kenaikan penjualan yang cukup baik.  

Akan tetapi pada sekitar tahun 2018 omset penjulan produk tersebut mengalami penurunan, sehingga saksi Joko Waluyo selaku pemegang hak merek tersebut mempertanyakan kondisi omset penjualan bahan kain tersebut kepada pelanggannya.

“Pihak PT. Dunia Setia Sandang Tekstil melakukan pengecekan dan mendapat informasi  adanya pemalsuan bahan kain merek Axinite yang dijual di daerah Kota Bandung”ujar jaksa dalam dakwaannya.

Setelah melakukan pengecekan dilapangan, akhirnya didapat informasi adanya satu toko yakni Toko Sumber Berkat milik terdakwa Daniel Darius Tjong telah melakukan penjualan dengan bahan kain polyester dengan merek yang sama dengan yang digunakan oleh PT. Dunia Setia Sandang Tekstil.

Joko Waluyo selaku pemegang merek tersebut menyuruh saksi Sugiarto untuk membeli bahan kain polyester merek Axinite di Toko Sumber Berkat agar dapat mengetahui kualitas dari bahan kain tersebut.

Sugiarto membeli beberapa roll kain warna putih dari toko tersebut dan setelah dilakukan pengecekan ternyata kualitas bahan kain polyester yang dijual oleh terdakwa tidak sama.

Harga produk kain dengan merek Axinite yang asli harganya Rp.14.500,- / yard atau 60 yard (satu roll) dengan harga Rp.870.000, sedangkan terdakwa menjual produk kain dengan merek tersebut seharga Rp.15.750/ yard atau 1 roll seharga Rp.945.000.

Merek dan logo yang digunakan oleh PT. Dunia Setia Sandang Tekstil sudah terdaftar di Kemenkumham dengan Sertifikat Merek No. IDM000395335 tanggal 06 Oktober 2011, sehingga PT. Dunia Setia Sandang Tekstil mempunyai hak sepenuhnya atas merek tersebut sesuai sertifikasinya.

Akibat dari perbuatan terdakwa tersebut, PT. Dunia Setia Sandang Tekstil mengalami penurunan omset penjualan sekitar Rp.3.000.000.000.  Dan perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 100 Undang-undang Republik Indonesia Nomor  20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. (boed)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close