HeadlineRegional

Cegah Penyebaran Covid 19 Gedung Pengadilan Negeri Bandung Disemprot Cairan Desinfektan

BANDUNG, BEDAnews.com – Pengadilan Negeri Bandung (PN Bandung) melakukan penyemprotan cairan disinfektan diseluruh sisi gedung pengadilan pada Senin (23/3/2020).

Penyemprotan itu dilakukan dalam rangka pencegahan wabah virus corona atau disebut juga Covid-19.

“Ini penyemprotan yang kedua kalinya, tadi pagi disemprot oleh PMI kota Bandung dan sekarang (siang, red) disemprot lagi oleh intern pengadilan” kata Tri Apriana Wibowo.

Menurut Tri  sasaran penyemprotan disinfektan dikhususkan tempat-tempat yang banyak disinggahi masyarakat, khusus tempat tahanan, ruang tunggu sidang termasuk ruangan PTSP.

Sementara itu Tresna Juniar Fatriawan mengatakan bahwa penyemprotan ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid 19 khususnya dilingkungan Pengadilan Negeri Bandung. “Tiap ruangan kita semprot termasuk ruangan panitera dan ruangan hakim”ujarnya.

Beberapa pencegahan Covid-19 seperti mengukur suhu pengunjung dan juga memperbanyak jumlah hand sanitizer sudah dilakukan terlebih dahulu. Sebelumnya Pengadilan Negeri Bandung telah menerapkan sistem pemeriksaan suhu tubuh kepada semua pengunjung sidang termasuk karyawan dan hakim. Bagi pengunjung yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat celciu dilarang masuk area pengadilan.

Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro mengatakan, kebijakan terkait pencegahan penyebaran virus Corona diserahkan kepada jajaran peradilan di masing-masing daerah.

“MA menyerahkan kepada jajaran peradilan di daerah sesuai situasi dan kondisi masing-masing dengan memperhatikan surat edaran dan kebijakan nasional baik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun kebijakan pemerintah daerah,” kata Andi.

Andi menuturkan, hal itu juga berlaku pada sidang-sidang pengadilan termasuk sidang perkara pidana yang kerap menghadirkan pengunjung.

“Terhadap sidang perkara pidana, terutama yang banyak menghadirkan pengunjung, pelaksanaannya diserahkan kepada ketua pengadilan setempat, sebab penyelesaian perkara pidana terkait dengan masalah HAM seseorang,” ujar Andi.

Sementara itu ketua Pengadilan Negeri Bandung Edison M melalui spanduknya yang dipasang dipintu masuk menghimbau untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona (Covid 19) bagi pengunjung sidang dilarang masuk area Pengadilan Negeri Bandung, PHI dan Tipikor  kecuali para pihak perkara, advokat, saksi, wartawan dan pengunjung PTSP. (boed)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close