Regional

Bangun BUMDes, Jawa Barat Sebar 110 Patriot Desa

BANDUNG, BEDAnews.com – Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menerjunkan  seratus sepuluh (110)  orang Patriot Desa, para pemuda yang dididik selama 45 hari untuk disebar di desa-desa di Jawa Barat dengan tugas menggali dan memanfaatkan potensi desa, agar beralih ke sektor riil, sehingga bisa menopang dan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa Provinsi jawa Barat Dedi Supandi  didampingi Kepala Bidang Peningkatan Partisipasi Masyarakat Rumondang Hutapea dan Dr. Tri Mumpuni  dalam acara Jabar punya Informasi (Japri) ke 54, di lobby Museum Gedung Sate, Kamis (28/11/2019).

“Mereka adalah lulusan D3, S1 dan S2, yang terpilih dari 3005 pelamar untuk bekerja didesa selama satu tahun. Ke 110 Patriot Desa ini akan ditempatkan di desa-desa yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan desa yang sudah memiliki BUMDes tapi tidak aktif,” ucap  Dedi.

Disebutkannya, Dari 5312 desa yang ada di Jawa Barat, masih ada 746 desa yang belum memiliki BUMDes dan beberapa desa di perbatasan dengan provinsi lain yang sudah memiliki BUMDes tapi tidak aktif.

“Terkait dengan program One Village One Company (OVOC), satu desa satu perusahaan. Ada 746 desa yang belum memiliki BUMDes. Nah 96% Patriot Desa ini akan kita tempatkan disitu, 4% lagi di desa yang BUMDesnya belum aktif, Dengan target Pada awal tahun 2020, seluruh desa sudah memiliki BUMDes,” harapnya.

Lebih lanjut disebutkan Dedi,  untuk  BUMDes sendiri nantinya akan ada leveling atau tingkatan perusahaan di desa. Level perusahaan di desa bermacam-macam, ada yang dalam aspek pemasaran hanya lokal desa, yang lain level kecamatan tapi ada juga yang sudah regional. @her

Selanjutnya

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close