EkonomiRegional

Kang Yana Apresiasi Pemberdayaan UMKM Ala SRC

BANDUNG, BEDAnews.com – Langkah PT. HM Sampoerna dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung, salah satunya melalui pembentukan komunitas Sampoerna Retail Community (SRC), diapresiasi Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Upaya PT. HM Sampoerna tersebut menjadi salah satu bentuk perhatian sektor swasta kepada pengusaha kecil. Sampoerna memberikan pembinaan kepada warung-warung kecil untuk bergabung di SRC.

“Pemerintah Kota Bandung juga selama ini membina dan mendampingi kepada lebih dari 300.000 UKM di Kota Bandung,“ tuturnya saat membuka Festival SRC yang diselenggarakan Paguyuban SRC Jawa Barat di Cikapundung River Spot, Minggu (24/11/2019).

Menurut Yana, apa yang dilakukan oleh SRC, merupakan dukungan tambahan bagi pengusaha kecil agar terus berkembang dan bertahan di tengah persaingan yang ketat dengan retail-retail berskala besar.

“Semoga dengan dukungan SRC, pengusaha kecil ini terus bisa menjadi ujung tombang ekonomi kerakyatan di Kota Bandung,” imbuhnya.

Yana menilai, UKM telah menjadi penopang ekonomi Indonesia, termasuk di Kota Bandung. Belajar dari pengalaman krisis moneter tahun 1998, UMKM adalah sektor usaha yang paling sedikit terkena dampak, sehingga roda ekonomi terus berjalan.

“Sektor ini paling tahan hantaman krisis. Karena yang belinya tetangga sebelah,” ujarnya.

Oleh karena itu, inovasi pengembangan sumber daya dan promosi usaha kecil amat dibutuhkan untuk menunjang modal mereka dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang.

Sementara itu, Ketua Paguyuban SRC Jawa Barat, Jaja juga berterima kasih kepada SRC atas terselenggaranya Festival SRC. Menurutnya, ini merupakan bentuk apresiasi PT HM Sampoerna kepada Paguyuban SRC Jawa Barat.

“Kami telah 11 tahun dibina menjadi lebih baik, menjadi toko yang punya daya saing di tengah kompetisi yang makin ketat,” tuturnya.

Apalagi di tengah kehadiran aplikasi SRC yang memudahkan proses jual beli, Jaja merasa diuntungkan. Terlebih lagi, SRC menyediakan Pojok Bayar dan Pojok Lokal yang menyediakan wadah bagi produk UKM sekitar toko untuk memasarkan produknya.

“Jadi bisa turut mempromosikan produk UKM di sekitar toko kami,” tuturnya. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close