Ekonomi

Arief Syaifudin: Bursa Tenaga Kerja Bantu Turunkan Angka Pengangguran Kota Bandung

BANDUNG, BEDAnews.com – Sebagai salah satu upaya Pemkot Bandung dalam menurunkan angka pengangguran adalah dengan bursa tenaga kerja dan sepanjang tahun 2019, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung telah menggelar tiga kali bursa tenaga kerja.

“Sekitar 7.500 tenaga kerja hadir di bursa tenaga kerja. Bukan hanya dari Kota Bandung, tenaga kerja dari daerah lain juga hadir di acara yang kami gelar,” ujar Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifudin pada Bandung Menjawab di Ruang Media Balai Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).

Menurut Arief, hal itu juga yang membantu menurunkan angka penggangguran di Kota Bandung. Melalui bursa tenaga kerja, warga Kota Bandung diterima di perusahaan atau ritel. Kendati demikian, Arief mengakui jika ada sector lain yang turut membantu penurunan angka pengangguran. 

“Yang kerja itu bukan hanya di sektor formal saja, tetapi juga UMK. Banyak industri rumahan bermunculan seperti kuliner,” ujar Arief.

Sementara itu Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bandung, Marsana mengatakan jumlah lowongan pekerjaan di Kota Bandung setiap tahun mencapai 15.000 dengan pencari kerja 9.000=11.000 orang.

“Tenaga Kerja Kota Bandung yang berhasil terserap sekitar 5.000 orang. Karena sisanya dari luar daerah. Itu berdasarkan data yang masuk, di luar masih banyak yang belum lapor atau didata, beberapa ada yang sulit,” katanya. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close