Hukum

Suhadi Terpilih Kembali Jadi Ketua Umum IKAHI

BANDUNG, BEDAnews.com – Hakim Agung Dr. Suhadi, SH., MH., akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) periode kepengurusan 2019-2022 setelah mendapatkan 114 suara, jauh menggungguli calon-calon lainnya pada acara munas IKAHI ke-19, yang digelar di Bandung 5 – 7 November 2019.

Diposisi kedua Prof. Syamsul Maarif dengan mendapatkan 17 suara, ketiga Dr. Amran Suadi, SH., M.Hum 9 suara, ke empat Dr. Purwosusilo 7 suara, dan Dr. Sofyan Sitompul mendapat 6 suara.

Pemilihan ini bersifat langsung, bebas dan terbuka. Seluruh peserta (kecuali peninjau) memiliki hak untuk memilih calon Ketua Umum IKAHI.

Sebelumnya pada proses penjaringan, terdapat 13 nama calon ketua yang masuk, namun dari 13 nama tersebut kemudian mengerucut menjadi 5 calon.

Rapat pemilihan ketua yang dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu Muhammad Eka Kartika, SH., MH., dilakukan secara pleno dan diikuti oleh 165 anggota dan 4 orang tidak hadir.

“Jumlah ini sudah memenuhi kuorum, sehingga rapat pleno dalam rangka pemilihan ketua umum IKAHI periode 2019-2022 bisa dilaksanakan,” kata Eka, Rabu 6/11/2019.

Ketua Panitia Munas IKAHI Sofyan Sitompul mengatakan, Munas ke 19 ini juga menghasilkan permintaan agar pemerintah dan DPR dapat segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang mengenai jabatan hakim agar kedudukan hakim dalam tata negara menjadi jelas.

“Bagi Suhadi, ini adalah kali kedua terpilih menjadi Ketua Umum IKAHI. Selamat kepada Dr. Suhadi dan pengurus terpilih, selamat bertugas, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan dan tuntunanNya,” ujar Sofyan Sirompul.

(Budi Chaerul)

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close