HeadlinePolitik

Dewan Jabar Sesalkan Rencana Alih Fungsi Gedung Negara Cirebon

Cirebon, BEDAnews.com – Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat menyesalkan alih fungsi Bangunan Gedung Negara bekas kantor Bakorwil Cirebon yang merupakan bangunan heritage di Kabupaten Cirebon yang bernilai sejarah peninggalan Belanda itu, akan dijadikan sebagai pusat kreatifitas (Creative Centre).

“Pemanfaatan aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar itu tidak sesuai. Karena, Gedung Negara ini sebagai heritage, tentu dalam ukurannya sudah ditentukan dalam undang- undang,” demikian ditegaskan Sekretaris Komisi I, Sadar Muslihat di  Gedung Negara, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/11/2019).

Gedung Negara ini sebagai heritage, tentu sudah ditentukan dalam undang-undang, tidak diperbolehkan dalam ukuran apapun merubah apalagi merusak sebelum ada kesesuaian dengan pertaturan perundangan yang berlaku. Dengan kata lain, heritage ini harus dipertahankan kontruksinya seperti sediakala.

“Jangankan merusak bangunan, merubah kontruksinya saja harus sesuai peraturan yang berlaku”.Ujar Sadar.

Politisi PKS ini juga  menyesalkan rencana perubahan nama dari Gedung Negara menjadi creative center yang notabene merupakan istilah asing. Bangunan utama itu sudah dikenal dengan nama Gedung Negara setelah BKPP dibubarkan setelah UU no. 23 Tahun 2014 diberlakukan.

“Termasuk dengan penamaannya jangan sampai diubah, enggak usah pakai istilah Bahasa Inggris, udah aja Gedung Negara,” pungkasnya. @hermanto

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close