Regional

Wali Kota Bandung Tanda Tangani PKS Finalisasi TPPAS Legok Nangka

BANDUNG, BEDAnews.com – Guna memfinalisasi Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) regional Legok Nangka, Wali Kota Bandung, Oded M Danial menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate Bandung, Rabu (9/10/2019).

Selain Kota Bandung, ada perwakilan enam Kota/Kabupaten beserta Gubernur Jawa Barat yang turut menandatangani perjanjian tersebut.

“Setelah proses yang cukup lama dengan persiapan-persiapan beberapa waktu ke belakang, perjanjian kerja sama tentang TPPAS regional Legok Nangka akhirnya kita sepakati,” ucap Oded usai mengikuti rapat pembahasan.

Oded menyebutkan, dengan adanya TPPAS Legok Nangka tersebut akan menjadi solusi pengelolaan sampah yang baik dibandingkan dengan daerah lain, karena memiliki teknologi Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL).

“Persoalannya, TPPAS ini membutuhkan sampah 1800 ton sampah per hari, secara proporsional Kota Bandung menyumbangkan 1200-1303 ton sampah,” katanya.

Namun Oded mengungkapkan, ada persoalan lain mengenai TPPAS Legok Nangka. Di antaranya, biaya operasional yang cukup tinggi dan jika sampah mulai berkurang.

“Kita sedang semangat mengolah sampah dengan kemandirian masyarakat. Bila sampah berkurang, itu bisa terganggu PSEL. Oleh karenanya, ada klausul harus evaluasi yang menjadi fleksibel buat kita semua,” ujarnya.

Rencananya, TPPAS Legok Nangka akan beroperasi pada tahun 2023 atau 2024 mendatang. (Alief)

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close