EkonomiRegional

Anggaran Dipotong BLK Mandiri Akan Kurangi Pelatihan Kerja Mandiri

Neglawangi, BEDAnews.com – Keberhasilan Smart Nakertrans  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi  Jawa Barat dengan Program Hiring Hall Desanya (Hade) tidak lepas dari keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pelatihan kerja mandiri warga desa, di tempat mereka sendiri.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri Disnakertrans Jabar, Ujang Kusyadi menyebutkan, tahun ini ada 15 angkatan pelatihan  MTU.

Sampai saat ini  baru 10 kegiatan, sehingga masih ada  lima lagi kegiatan, sementara terkait dengan adanya pengurangan anggaran hingga Rp.  17, 4 Miliar pada anggaran  Disnakertrans. Kemungkinan untuk  tahun 2020  jumlah pelatihan ini akan berkurang, tuturnya.

Mengenai tempat pelaksanaan dan rekrutmen peserta, disebutkan Ujang, yang rekrut peserta adalah bagian penempatan,  bina penta disnaker,dengan usulan dari desa, yang direkomendasikan oleh kabupaten, usulan dilakukan  3-4 bulan sebelum pelaksanaan.

Mengenai lokasi ini disebutkan Ujang tidak semua kabupaten terjangkau dengan desa-desanya, apalagi kabupaten itu arahnya kepada kompetensi yang ada di desanya, penempatannya nggak langsung ke lokasi, gitu, sedangkan kebanyakan disini (neglawangi) warganya tidak bisa meninggalkan desa berlama-lama.

Untuk warga Desa Neglawangi ini, pelatihan kuliner dilaksanakan didasarkan kepada potensi yang dimiliki desa Neglawangi sebagai  desa penghasil teh dan kentang, berupa kuliner olahan makanan sesuai dengan potensi yang ada, dari kentang, kripik, donat, bolu kentang, teh krispi (cemilan).

Ujang juga menyebutkan , setelah mendapatkan pelatihan hard skill, milenial peserta didik nantinya juga akan diajarkan ilmu soft skill. “Sekarang ini hard skill nya, waktunya 4 hari, setelahnya juga akan diajarkan soft skill selama 1 hari, seperti management administrasi, managemen pemasaran,” pungkasnya @hermaNTO

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close