HeadlineHukumRegional

Soal Sekdakot Bandung, FWBP Sarankan Oded Patuhi Putusan PTUN

BANDUNG, BEDAnews.com – Forum Warga Bandung Peduli Perubahan (FWBPP) menyarankan Wali Kota Bandung Oded M Danial mematuhi putusan dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) soal polemik jabatan Sekda Kota Bandung.

Ketua FWBPP Dodi Permana memandang putusan majelis hakim yang menyatakan Benny Bachtiar sebagai pemenang yang sah dalam proses lelang jabatan terbuka Sekda Kota Bandung perlu hormati oleh Oded.

“Suka atau tidak suka ini adalah putusan pengadilan. Sungguh naif rasanya jika Mang Oded (sapaan akrab Walkot Bandung) tak segera melaksanakan putusan pengadilan ini,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).

Sekalipun masih ada jalur yang dapat ditempuh karena tidak puas dengan putusan PTUN yaitu dengan langkah mengajukan banding, menurut Dodi, tentu hal itu akan memperburuk citra seorang kepala daerah.

“Sangat disayangkan jika itu dipilih karena bermakna ‘pembangkangan’ terhadap pemerintah pusat. Itu bisa menimbulkan berbagai asumsi liar yg berdampak buruk dan memicu keadaan yang tak harmonis (negatif) khususnya bagi Kota Bandung terhadap pemerintah pusat,” beber Dodi.

Dodi juga berharap Oded bisa menurunkan ego dengan legowo menerima putusan PTUN sebagai seorang wali kota yang menjunjung tinggi keadilan dan bijaksana menyikapi sebuah putusan (produk) hukum.

“Mang Oded segera kan lah melantik Sekda definitif yang sah sesuai keputusan PTUN (yakni Benny Bachtiar). Jangan sampai pelayanan publik terganggu dengan tidak adanya Sekda yang sah,” ungkap Dodi.

Dodi juga meyakini Benny Bachtiar adalah seorang ASN yang baik, dapat bekerjasama dan punya semangat merajut chemistry guna membangun Kota Bandung kedepan menjadi lebih hebat dan bermartabat.

“Saran kami (dari FWBPP) sebaiknya fikirkan kembali untuk mengambil langkah banding jika tak jelas pencapaiannya bagi Mang Oded sendiri. Itu agar roda pemerintahan Kota Bandung tak lagi dilema,” tegasnya.

Sebagai informasi, dalam sidang yang digelar Selasa (1/10) kemarin, majelis hakim (PTUN) Bandung mengabulkan gugatan Benny Bachtiar seluruhnya soal Sengketa Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung.

Dalam putusan, hakim meminta wali kota Bandung mencabut SK nomor 821.2/Kep-BKPP tanggal 21 Maret 2018 terkait pengangkatan Ema Sumarna menjadi Sekda dan menerbitkan SK baru pengangkatan Benny Bachtiar sebagai Sekda Bandung. [nie/*]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close