PolitikRegional

DPRD Jabar Dorong Pencabutan Moratorium DOB

BANDUNG, BEDAnews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat mendorong pencabutan moratorium daerah otonomi baru (DOB). Hal ini terkait dengan potensi yang dimiliki beberapa daerah di provinsi Jawa Barat.

Wakil ketua DPRD Provinsi Jabar drh. Ahmad Ru’yat, menyampaikan hal tersebut saat menerima audiensi Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda PP DOB) Jabar, di gedung DPRD Jabar, Jumat (4/10/2019).

Dengan luasnya wilayah dan jumlah penduduk Jawa Barat yang besar, maka disebutkan Ahmad Ru’yat, percepatan pembentukan DOB harus segera dilakukan.

“DOB ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan publik, agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih dekat,” sebutnya.

Forkoda sendiri dalam audiensi tersebut mengusulkan pemekaran daerah Otonomi baru agar jadi prolegda prioritas di DPRD provinsi Jabar.

Menjawab usulan ini, Ahmad Ru’yat menyebutkan pihaknya akan menyampaikannya ke Komisi I DPRD Jabar untuk dilakukan suatu program dimasukan ke dalam prolegda.

“Kami akan koordinasikan dengan gubernur melaui surat yang nanti akan disiapkan. Demikan pula kepada Komisi II DPR RI yang memang memiliki kewenangan disana dan ke Kemendagri melalui Ditjen Otda,” katanya.

Sementara mengenai jumlah DOB di Jawa Barat, Ahmad Ru’yat menyebutkan akan disesuaikan dengan kajian naskah akademik dan disesuaikan dengan kewenangan pusat.

“Kami berharap Pemerintah Pusat mendengar betul dari teman-teman demikian sangat gigih dengan maksud dan tujuan meningkatkan dan mendekatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. @

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close