EkonomiHeadline

Inovasi Program BJB Indah Harus Libatkan Dewan

Bandung, BEDAnews.com – Peluncuran program BJB Indah, yang merupakan  inovasi pemprov Jabar bersama Bank BJB mendapat apresiasi DPRD Provinsi Jawa Barat, tetapi DPRD juga  mengingatkan bahwa hal itu harus dilakukan sesuai aturan perundangan-undangan dan  melibatkan DPRD dalam memutuskannya.

Hal ini disampaikan Pimpinan Sementara DPRD Provinsi Jawa Barat KH. Tetap Abdullatif saat menghadiri acara Koordinasi penyelenggaraan pemerintah daerah atau Kopdar triwulan III tahun 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat di salah satu hotel di pantai Pangandaran, Rabu (2/10/2019)

Disebutkan Tetep, “Secara pribadi saya mengapresiasi ini, tetapi tentu saja aspek pengawasan DPRD juga ditingkatkan, karena ada unsur keterlibatan DPRD di dalamnya, bukan hanya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang,  tetapi juga DPRD itu harus ikut aktif karena keputusannya harus disetujui oleh DPRD,” tegas Tetep.

Selain sebagai ajang silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, kopdar juga menjadi ajang untuk mensinergikan pembangunan di Jawa Barat. Salah satunya dengan inovasi pemerintah provinsi Jawa Barat dengan Bank BJB, yang mempunyai program baru yaitu BJB indah atau BJB Infrastruktur daerah.

BJB indah merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada pemerintah daerah untuk menutupi defisit anggaran APBD, serta pengeluaran pembiayaan atau penutupan kekurangan arus kas.

Salah satu tujuan program ini agar pemerintah daerah bisa melanjutkan pembangunan tanpa APBD melainkan melaui pinjaman kredit dari BJB. Hal tersebut bisa menekan pengelauaran APBD ini dimaksudkan agar pemerintah daerah di Jawa Barat bisa lebih mandiri dalam  melaksanakan pembangunan. @hermantz

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close