EkonomiHeadline

Disnakertrans Jabar Latih Warga Pemeungpeuk Jadi SDM Pariwisata Handal

Pameungpeuk. BEDAnews.com – Wilayah  Garut Selatan saat ini tengah dalam proses administratif di tingkat DPR RI  untuk menjadi  Daerah Otonomi Baru (DOB), menghadapi hal tersebut, upaya untuk  mempersiapkan sumber daya manusia setempat untuk  menjadi  bagian sebagai pelaku  dari pertumbuhan ekonomi bukan hanya sebagai penonton adalah suatu keharusan.

Demikian disebutkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Drs. Mochamad Ade Afriandie,  MT saat menutup Pelatihan Peningkatan Keterampilan  Kerja Mandiri Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata Homestay dan Cafe, yang dilaksanakan dengan kerjasama  Balai Latihan Kerja Mandiri  di Desa Manca Gahar, Pantai Sayang Heulang, Kecamatan Pameungpeuk Garut Selatan Kab. Garut Minggu (29/9).

“Menyambut pengembangan wilayah Garut Selatan sebagai daerah otonom baru Disnaker Jabar upayakan bagaimana sumber daya manusia Pemeungpeuk, menjadi tuan di rumah sendiri. Karena itu perlu dipersiapkan SDMnya sejak dini. Hal ini penting jangan sampai nanti setelah terbentuk DOB Garut Selatan sebagai daerah otonom baru ini, malah diisi oleh orang orang diluar Garsel,” Sebut Ade.

Lebih lanjut diungkapkannya, pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan  bagian Smart Transformation (smarttrans) Disnakertras Jabar, atau  Perubahan  pola-pola  pelatihan di  Disnakertran Jabar dengan mengutamakan potensi yang ada, seperti  program Hiring Hall Desa (HADE), sebagai  program pelatihan yang dikaitkan dengan  potensi  yang ada di desa, serta  Program ini dinilainya, sejalan dengan misi Gubernur Jabar yaitu One Village One Company dan One Pesantren One Product.

Dengan mengadakan pendidikan dan  pelatihan yang dilakukan di desa setempat untuk memenfaatkan potensi yang ada di wilayah setempat, degan begitu  diharapkan para pencari kerja tidak perlu ke kota  tetapi bekerja  deggan  mengembangkan potensi desa setempat.

Disebutkan Ade, Pelatihan  diikuti 40 orang peserta yang berasal  dari desa Mandalakasih dan Desa Mancagahar kecamatan Pemeungpeuk, selama 5 hari dari tanggal 25-29 September 209,  peserta dibekali materi oleh instruktur yang berasal  dari asosisi asosiasi chef,  dengan materi pengelolaan Home Stay dan Cafe.

Diharapkan Ade, peserta diharapkan dapat menjadi pengusaha cafe atau penyedia penginapan yang mengesankan bagi wisatawan setelah mengikuti pelatihan tersebut, mereka dapat memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang berkunjung ke kedua desa itu. Di sana ada destinasi wisata pantai laut selatan, yakni Pantai Sayangheulang. @ hermanto

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close