Pendidikan

Rp. 50 M Beasiswa Pemprov Jabar Bagi 1697 Mahasiswa Ber-ktp Jabar

Bandung, BEDAnews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program Jabar Future Leader (JFL) tahun 2019 ini, akan  membagikan beasiswa dengan total hingga Rp. 50 Milliar  bagi 1.697 orang mahasiswa asal jawa barat dari jenjang pendidikan S1, S2 hingga S3.

Sebagaimana disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemdaprov Jawa barat Drs. Daud Ahmad  yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr. Ir. Dewi Sartika kepada wartawan peliput Pemprov Jabar dalam acara Jabar Puinya informasi(Japri) # 39 yang berlangsung di halaman Museum Gedung sate Bandung,  Senin sore (26/8/2019).

“Ini adalah sebuah kepedulian Gubernur untuk masyarakat Jawa barat, dikaitkan dengan program-program yang ada di jawa barat, yang tentunya disana dinutuhkan leader-leader yang bisa memimpin bagaimana program-program itu bisa berjalan dengan sukses,” ujar Daud.

Kadisdik Jabar Dr. Ir. Dewi Sartika yang mendampingi PLH Sekda Jabar menyebutkan.

“Terkait untuk Jabar Future leader 2019 yang digagas pa Gubernur melalui Dinas Pendidikan jumlah anggarannya cukup banyak Rp. 50 M untuk 1697,” sebutnya.

Dijelaskannya,  beasiswa penuh (biaya pendidikan dan biaya hidup) bagi mahasiswa baru S1 dan S2  di 10 Perguruan Tingi yang berakreditasi A yang telah bekerja sama dengan pemprov Jabar,  sedangkan untuk bantuan biaya pendidikan untuk Mahasiswa S3 di tambah dari UIN SGJ.

Sedangkan untuk yang mahasiswa on going bukan mahsiswa baru bisa mengikuti beasiswa non akademik yang ada di 98 universitas/PT yang akreditasinya minimal B, dan sdh bekerja sama dengan Pemprov Jabar.

Mengenai persyaratan disebutkan Kadisdik. Harus punya e KTP warga Jabar yang dibuktikan dengan KK dan KTP dan SKHUN dan nilai raport kelas 1,2,3  untuk S1.

Untuk S1 yang on going  IPKnya minimial 3.0. Kemudian sertifikat prestasi, CV, Statement of Purpose kemudian poto, foto copy PBB rumah yang ditempati itu juga salah satu bagian yang nanti akan kita lakukan seleksi kemudian yang lainnya kita juga ingin melihat seperti apa sih keluarganya, tetapi itu lebih teknis dengan PT nya masing-masing.

“Yang pasti tidak boleh sedang menerima bea siswa dari yang lainnya. Kuota penerima beasiswa prestasi itu 1312 orang terdiri dari 4 jenis beasiswa, 1. S1 penuh, (700), S2 penuh (157),  bantuan biaya pendidikan S3 (50) di 10 universitas yang terakreditasi A, di tambah UIN SGJ untuk bantuan biaya kuliah S3.  Sedangkan  batuan percepatan akses pendidikan Perguruan tinggi S1 itu (400) untuk1 tahun,” jelasnya.

Untuk yang non akademis ada 385 mahasiwa yang terbagi menjadi 4 : untuk keagamaan S1 (135), prestasi olah raga S1 (85) prestasi untuk kesenian S1 (85), untuk mahasiswa keorganisasian aktivis (85) lamanya 1 tahun.

“Pendaftaran mulai hari ini secara on-line, sudah bisa di website beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id

Atau juga bisa dilihat di IG disdik Jabar,  dan tgl 9-15 September akan ada seleksi dari PT.” Sebut Ikeu.

Proses beasiswa meliputi,  Pendaftaran mulai saat ini secara on-line, seleksi berkas oleh sistem pada 9 sampai 15 September 2019. Seleksi oleh perguruan tinggi pada 16 September hingga 4 Oktober 2019 dan seleksi oleh Pemprov Jabar pada 7 hingga 18 Oktober 2019. Setelah proses seleksi dilakukan, penerima beasiswa akan diumumkan pada 21 Oktober 2019.@Hermanto    

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close