Politik

Jabar Idealnya Miliki 42 Kabupaten Kota

Bandung, BEDAnews.com – Dari hasil perjanjian yang sudah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai ahli dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, yang melakukan penelitian kondisi Jawa Barat dengan jumlah kependudukannya, provinsi Jawa Barat idealnya harus ada sekitar 42 kabupaten/kota.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Dr.Hj. Ineu Purwadewi Sundari Kepada wartawan usai memimpin rapat paripurna Hut Jawa Barat ke 47 di gedung DPRD Jabar. Jl. Diponegorio 27 Bandung Senin. (19/8/2019)   

“Hasil kajian idealnya harus mencapai 43 atau 42 kabupaten/kota agar pemerintah bisa melayani masyarakat dengan maksimal.” Ujarnya.

Tetapi Ineu menjelaskan.  prosesnya tidak gampang, ada proses yang harus dilakukan dengan waktu yang panjang, dia mencontohkan, kabupaten Pangandaran yang baru itu membutuhkan proses hingga tiga tahun.

Ditambahkannya,  ada 3 daerah yang diajukan dan sudah masuk ke pemerintah untuk di eksekusi yaitu Garut Selatan, Sukabumi Utara dan Bogor Barat, namun di tengan perjalanan muncul moratorium terkait DOB. Akibatnya tiga yang sudah masuk ajuan di pemerintah pusat malah tertunda hingga sekarang,” sebutnya.

terkait DOB ini Ineu mengingatkan, Perlu ada pemikiran bersama karena ada persayaratan. Misalkan di wilayahnya kemudian kemampuan daerahnya, PAD-nya kemudian akan dibagaimanakan setelah mandiri. (Her)

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close