Pendidikan

DPRD Berharap SMK Memberikan Solusi Untuk Kebutuhan Industri Jabar

Bandung, BEDAnews.com – Rencana Pemprov Jabar untuk mengevaluasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat dinilai Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Dr. Ineu Purwadewi Sundari sebagai upaya perbaikan sistem pendidikan kejuruan.

Dikatakannya,  evaluasi ini untuk perbaikan, kemudian kalau ada SMK baru harus disesuaikan dengan kebutuhan,” katanya, di Bandung, Rabu (31/7/2019)

Diungkapkan Politisi PDI Perjuangan yang terpilih kembali mewakili masyarakat Sumedang, Majalengka dan Subang ini, adanya anggapan SMK sebagai salah satu penyumbang pengangguran terbuka di Jawa Barat disebabkan oleh beberapa faktor.

Banyaknya jumlah lulusan, dan adanya ketidak sesuaian kriteria menjadi salah faktor yang mempengaruhi tidak terserapnya lulusan SMK, kata Ineu.

“SMK itu lulusannya ada setiap tahun, sehingga harus menjadi pemikiran dan evaluasi bersama bahwa lulusan SMK memiliki kriteria-kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kedepan kalau memang ini dikatakan (penyumbang pengangguran) ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Ineu berharap. Adanya rencana evaluasi tersebut diharapkan dapat melahirkan lulusan SMK yang dapat memenuhi kebutuhan kondisi industri di Jawa Barat.

“Saya ingin kedepan SMK memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri Jawa Barat,” tukasnya. @Herz

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close