HeadlineRagam

Asep Bangga Sapi Limosin Miliknya Dibeli Presiden Jokowi

BANDUNG, BEDAnews.com – Pemilik peternakan sapi Ar-Rayan, Asep Sopian terlihat ceria.

Bukan tanpa sebab, untuk pertama kali salah satu sapi miliknya dibeli oleh Presiden Joko Widodo ini untuk dikurbankan pada Idul Adha 1440 H mendatang.

Sapi jenis limosin berbobot 900 kilogram dan tinggi 154 sentimeter ini dipilih orang nomor satu di republik ini untuk dikurbankan di Bandung.

“Harganya sekira Rp. 65 juta,” kata Asep saat ditemui, Rabu (31/7/2019).

Menurut Asep, sapi tersebut sudah dipeliharanya sejak dua tahun yang lalu. Ia mengaku tidak memberi pakan khusus kepada sapinya.

“Biasa saja, hanya diberi makan ampas tahu, dedak dan rumput,” ujarnya.

Asep mengungkapkan, untuk menjadi hewan kurban presiden, sapi miliknya harus melewati serangkaian tes kesehatan.

Mulai dari posisi berdiri, tidak ada luka, nafsu makan baik, kulit dan bulu bersih, mata bersih dan tidak bengkak, area hidung bersih dan lembab cenderung basah, serta area pembuangan bersih tidak ada luka dan darah, juga bentuk kotoran padat.

“Sudh diperiksa dari tim kepresidenan, ada dari Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, juga Dinas Peternakan Jawa Barat,” imbuhnya.

Dikatakannya, ada dua lokasi yang akan dipilih untuk dikirimkan sapi seharga Rp 65 juta tersebut. Kedua tempat itu adalah Pusat Dakwah Islam Jawa Barat dan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

Sapi ini merupakan sumbangan dari Presiden untuk warga Kota Bandung.

“Nanti akan dikirim pada H-1 Idul Adha. Lokasinya belum ditentukan, tapi antara dua tempat itu,” kata Asep.

Pria 28 tahun ini tak menyangka orang nomor satu di Indonesia bakal membeli sapi di tempatnya. Apalagi, dirinya mengaku, banyak tempat penjualan hewan kurban di Kota Bandung.

Bahkan, saat dihubungi pertama kali oleh tim kepresidenan, Asep belum bisa memercayai.

“Alhamdulillah, bersyukur banget dibeli oleh seorang presiden. Walaupun Pak Jokowi nggak datang langsung, tetapi yang beli kan seorang presiden,” ucapnya sumringah.

Berdasarkan penilaian Dinas Peternakan Jabar, sapi yang dibeli Jokowi sehat dan layak konsumsi. Bahkan, dari pantauan di lapangan, tampak kalung sehat menggantung di leher sapi tersebut. [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close