Regional

Satgas Pemeriksa Hewan Kurban Disebar Ke 30 Kecamatan Kota Bandung

BANDUNG, BEDAnews.com – Satuan Tugas (Satgas) Pemeriksa Hewan Kurban, akan disebar ke 30 kecamatan di Kota Bandung dan mereka akan mengunjungi tempat-tempat berjualan hewan kurban untuk memeriksa bagian mata, kulit, telinga, kaki, hingga saluran pembuangan.

Selain pemeriksaan fisik, Satgas juga akan memeriksa surat jalan yang dimiliki para pedagang. Hal itu perlu karena sebagian besar hewan kurban Kota Bandung datang dari luar kota, ungkap Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar, saat pelepasan satgas di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (29/7/2019).

Menurut Gin Gin, tak hanya sebelum penyembelihan atau ante mortem, Satgas ini juga akan melakukan pemeriksaan post mortem setelah penyembelihan. Hal ini untuk memastikan daging-daging kurban juga sehat dan layak dikonsumsi.

“Kita periksa kepala, hati, limpa, dan sebagainya,” ucap Gin Gin.

Kepala Dispangtan Kota Bandung ini, memperkirakan akan ada peningkatan jumlah hewan kurban di tahun ini sebesar 5%. Hal tersebut karena adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajiban berkurban.

“Tahun lalu ada 25.000 (ekor hewan kurban yang diberi kalung). Kita prediksi tahun ini lebih banyak. Kesadaran berkurban sudah mulai tinggi,” katanya. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close