Regional

Waitinglist Haji Jabar 18-20 Tahun Bayipun Sudah Bisa Daftar Haji

Bandung, BEDAnews.com – Hingga tahun 2020 Waitinglist haji Jawa Barat ada ada dikisaran 18  hingga 20 tahunan karena itu pendaftaran calon jemaah  haji yang pada tahun ini dibatasi minimal berusia 12 tahun maka pada tahun depan, tahun 2020 batas usia minimal pendaftaran hji adalah 0 (nol) tahun artinya bayi yang baru lahirpun bisa daftar haji, hal ini karena daftar antrian yang sudah 20 tahun.

Demikian disampaikan perwakilan kementrian Agama Jawa Barat pada saat acara Jabar Punya Informasi (Japri) Humas dan Protokol Pemprov Jabar yang mengambil tema Penyelenggaraan Ibadsah Haji Jawa Barat tahun 1440 H/2019 Yang bertempat di halaman belakang taman Gedung Sate. Kamis (18/7)

Lebih lanjut dikatakannya, Kuota haji reguler Jawa Barat merupakan yang terbesar di Indonesia sebesar 38 567, kemudian TPHD (Tim Petugas Haji Daerah) 285 orang dan kita mendapatkan tambahan dari 346 dari 10000 tambahan kuota.

Sedangkan BPIH (biaya perjalanan Ibadah haji) tahun sekarang Rp. 34.987.280.  sementara TPHD yang harus dibayar Rp. 69.963.504, kenapa demikian karena real cost jemaah haji itu 69.963.504 jemah haji kita hanya bayar Rp. 34 juta karena ada subsidi dari dana optimalisasi sebesar hampir rata-rata Rp. 35 jutaan.   

Dijelaskannya pula, mereka yang batal melaksanakan ibadah haji karena satu dan lain hal dapat digantikan oleh ahli warisnya meskipun belum mendaftarkan calon jemahaah haji.

Sementara itu Wakil gubernur Jawa Barat sebagai  Amirrul hajj Jawa Barat dalam penyelenggaraan ibadah haji 1440 Hijriah/2019. Menyebutkan pemerintah pusat dan daerah senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pembimbingan, perlindungan, kepastian kuota, pemberangkatan, penyelenggaraan hingga kepulangan calon jamaah haji di Tanah Air.

Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, kloter pertama jamaah calon haji asal Jawa Barat diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Tanah Suci, Arab Saudi, setelah melalui proses pemondokan di Asrama Embarkasi Haji Bekasi, pada Ahad (7/7).

UU juga menambahkan pada tahun ini. Bertepatan dengan peringatah HUT kemerdekaan 17 Agustus. pihaknya akan menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2019 di Mekkah,

Dikatakannya, ia dan Kanwil Kementerian Agama  Jabar akan menyelenggarakan upacara tersebut di  Misfalah,  kerena pada saat ini semua jamaah haji asal Jawa Barat ditempatkan di kawasan pemondokan Misfalah di Mekkah. “Tahun ini orang Jabar ‘ngahiji’, ‘ngariung’ di Misfalah, jadi akan mudah mengadakan acara,” ujar Uu. @hermanto

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close