Regional

Disnakertrans Jabar Upayakan Bantu Atasi Masalah Translok Legok Pal Tasik

Tasikmalaya, BEDAnews.com – Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans) akan berupaya untuk membantu mengatasi tiga persoalan yang dihadapi olen masyarakat tansmigrasi lokal  Legok Pal Desa Campaka Sari Kecamatan Bojong Gambir Kabupaten Tasikmalaya.

Hal ini dikatakan kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinis Jawa barat M Ade Afriandi, MT saat membuka Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kerja Mandiri Masyarakat Transmigrasi Lokal, Tasikmalaya, Selasa (9/7/2019).

“Persoalan utama yang dihadapi masyarakat translok Legok Pal adalah belum ada sertifikasi lahan, akses jalan atau infrastruktur yang kurang memadai, dan kondisi masyarakat UPT yang berada dalam kondisi taraf tidak meningkat. Katakan lah masih berada di garis kemiskinan,”ujar Ade

Disnakertrans akan berupaya untuk mengatasi tiga persoalan tersebut dengan program-program dan kewenangan yang dimilikinya. Untuk masalah sertifikasi, katanya, pihaknya masih akan mengumpulkan data-data dan mendorong untuk melakukan pensertifikatan.

Berbagai data yang diperlukan akan dikumpulkan untuk keperluan sertifikasi itu. “Setelah adanya data-data, denah, atau pun pendukung lain, akan mudah melakukan pensertifikatan,” katanya

Lahan transmigrasi lokal Legok Pal mulai dihuni tahun 2000, dihuni warga asal Aceh yang saat itu terjebak konflik. Dari  jumlah awal 200 KK kini tinggal 128 kepala keluarga. Area transmigran lokal sendiri berada di lahan seluas 200 ha. Satu kepala keluarga mengelola kurang 0,25 hektar 2.500 meter.

Sementara, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat transmigrasi lokal Legok Pal, Disnakertrans jabar memberikan pelatihan keterampilan kepada kaum ibu. Keterampilan diarahkan pada peningkatan produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Diperlukan inovasi produk dalam memasarkan produk. Sampeu tong dibuat kiripik deui, kiripik deui. Harus ada inovasi lain,” katanya. @ril her

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close