EkonomiRegional

Gentong Sarebu, Sejahterakan Warga Kurang Mampu Kecamatan Bandung Kidul

BANDUNG, BEDAnews.com – Gerakan Kantong Seribu (Gentong Sarebu) Kecamatan Bandung Kulon, sukses mengumpulkan dana sebesar Rp26.364.000. Dari jumlah tersebut, Rp16,6 juta telah tersalurkan untuk membantu warga kurang mampu.

Menurut Ketua Gentong Sarebu, Ceceng Lukman Nurhakim, Program Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) yang sudah digulirkan sejak Oktober 2018, telah membantu 31 permasalahan sosial. Seperti kesehatan, pendidikan dan permasalahan lainnya yang darurat. 

“Donasi yang terkumpul sampai saat ini hasil dari TKD (Tunjangan Dinamis Daerah) ASN (Aparatur Sipil Negara) se Kecamatan Bandung Kulon,” ujar Ceceng Lukman  pada Acara Bandung Menjawab, di Ruang Media Balai Kota Bandung, Selasa (2/7/2019). 

Pendistribusian dana, lanjut Ceceng, berawal dari laporan dari masyarakat. Kemudian oleh RT/RW menindaklanjutinya ke kelurahan. Selanjutnya pihak kelurahan akan berkoordinasi dengan Gentong Sarebu.

Diungkapkannya, jumlah bantuan yang diberikan maksimal sebesar Rp2 juta per kasus. Namun jika memerlukan bantuan lebih dari batas yang ditentukan maka ada bantuan sukarela. Bantuan diantaranya telah tersalurkan untuk bantuan kursi roda, administrasi rumah sakit, membayar tunggakan BPJS mandiri, transportasi ke rumah sakit, dan modal usaha bagi pelaku usaha kecil.

Ceceng menjelaskan, terdapat 4 cara untuk pengumpulan donasi Gentong Sarebu di antaranya, partisipasi ASN, dunia usaha, dan memanfaatkan media sosial dengan menyebarkan di setiap group WhatsApp. 

Rencananya, Gentong Sarebu juga akan untuk mengajak sekolah-sekolah menyimpan gentong untuk diisi para siswa. Hal tersebut melatih dan mendidik para siswa mempunyai jiwa sosial. 

Sementara itu, Camat Bandung Kulon, A. Hadi mengungkapkan, dengan jumlah penduduk 141.954 jiwa, terdata sebanyak 7.000 kepala keluarga yang masuk kategori miskin. 

“Alhamdulillah dari jumlah itu, terbantu dengan program pemerintah seperti, program beras miskin, rutilahu dan Kartu Indonesia Sehat dan sebagainya,” katanya. 

Ia mengatakan, Gentong Sarebu tersebut merupakan revitalisasi program pemerintah pusat seseuai keputusan Kementerian Sosial Nomor 42/HUK/2004 tentang WKSBM. Tujuannya, melayani masyarakat yang tidak terlayani dalam program bantuan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.  (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

  1. Greetings from Florida! I’m bored to death at work so I decided to check out your site on my iphone
    during lunch break. I enjoy the information you provide
    here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m shocked at how fast your blog loaded on my phone .. I’m not even using WIFI,
    just 3G .. Anyways, very good blog!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close