HeadlinePeristiwa

Ratusan Hektar Sawah Di Desa Gintung Kidul Kekeringan

CIREBON, BEDAnews.com- Akibat kemarau panjang, ratusan hektar area pertanian di Desa Gintung Kidul Kabupaten Cirebon dilanda kekeringan. Terkait hal itu, Kuwu Gintung Kidul, Kadmina, turun langsung mengawal tata gilir air.

Menurutnya, area pertanian di wilayahnya saat ini kekurangan air terutama blok bengkok dan blok Roro padahal tanaman pada sudah berumur 60 hari.

“Umur tanaman padi sudah 60 hari dimana pada umur itu tanaman padi sedang hamil, jadi sangat disayangkan kalau sampai mati karena tidak ada air,” katanya, Minggu (30/06/2019)

Kadmina menambahkan, sistem tata gilir air yang sudah ada, sebenarnya kurang efektif karena kurangnya debit air. Sehingga, katanya, saat tata gilir air tidak mengalir ke sawah wilayah Gintung kidul.

“Air saat datang kalau tidak kita turun tangan akan tidak sampai, karena di bagian depan sudah di sedot para petani yang sama sangat membutuhkan air, sehingga air tidak sampai, “katanya.

Dikatakannya, sebenarnya sumber air masih banyak seperti mengambil dari sungai alam atau kali Ciwaringin, atau dengan pompa pantek namun semuanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Sebenarnya Pemerintah Desa sudah menyiapkan dengan anggaran yang ada, agar bisa melakukan pompanisasi. Saat ini akan menyewa diesel ukuran besar untuk mengambil air dari sungai Ciwaringin, agar para petani bisa mendapatkan air,” tandasnya. [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close