HeadlineHukum

Korupsi Rp.13,8 Miliar, Asisten Manajer BRI Tambun Ditahan Kejati Jabar

BANDUNG, BEDAnews.com,- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat menahan Asisten Manajer Operasional dan Layanan (AMOL) Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tambun Kabupaten Bekasi, berinisial EP (41) Senin (24/6/2019).

EP ditahan setelah diperiksa penyidik Kejati Jabar lebih dari lima jam‎ di kantor Kejati Jabar di Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung. EP langsung digiring ke Rutan Kebonwaru Bandung

Kasipenkum Kejati Jabar, Abdulmuis Ali mengungkapkan EP ditahan lantaran dugaan korupsi ‎perbuatan melawan hukum menyalahgunakan wewenang.

“Kami telah mengantongi dua alat bukti yang cukup sebagaimana diatur di Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut Abdulmuis Ali, Bank BRI menyimpan kas induk, rekening valas, deposito dan saldo menggantung pada rekening persekot intern perantara money changer. Uang yang disimpan di masing-masing kas itu diambil secara melawan hukum dengan cara menyalahgunakan wewenang.

“EP diduga melakukan korupsi berupa uang di kas induk sebesar Rp 1,47 miliar, valas senilai Rp 8,83 miliar‎, tiga rekening deposito milik nasabah senilai Rp 3,5 miliar dan uang dari money changer senila Rp 54 juta. Korupsi yang dilakukan dengan cara menyalahgunakan wewenang yang melekat pada EP,” ujarnya.

Abdulmuis menambahkan, dalam aksinya melakukan korupsi dengan modus penyalahgunan wewenang dilakukan EP sendiri. ‎EP dijerat Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 3 juncto Pasal 8 juncto Pasal 18 Undang-undang Pemberantasan Korupsi.

“Berdasarkan audit penyidik dan BRI, kerugian negara dalam kasus ini yakni Rp 13,8 miliar. Tersangka sudah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 1,72 miliar lebih. Sejauh ini tersangka satu orang,” ujar Abdulmuis.

Dari uang Rp 13 miliar lebih itu, kepada penyidik, Ep menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Adapun perbuatan tersangka menyalahgunakan wewenang itu dilakukan dalam kurun waktu Agustus 2018 hingga Januari 2019. [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close