HeadlineHukrim

Lalai Jaga Setnov, Dua Penjaga Lapas Sukamiskin Kena Sanksi

BANDUNG, BEDAnews.com,- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat memberi sanksi tegas pada dua penjaga di Lapas Sukamiskin Bandung.

Hukuman tersebut karena mereka dianggap lalai menjaga Setya Novanto, terpidana kasus korupsi e-KTP yang kepergok pelesiran ke sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang pada Jumat (14/6/2019) lalu.

Kepala Divisi Administrasi Kemenkum HAM Jabar Ceno Hersusetiokartiko mengungkapkan kedua penjaga Lapas Sukamiskin tersebut dihukum berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan tim assesmen Kanwil Kemenkum HAM Jabar.

Dari hasil pemeriksaan, kedua petugas itu dianggap melanggar peraturan pemerintah.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan pada tanggal 14 Juni terhadap saudara YAP dan SS. Mereka melanggar peraturan pemerintah dengan tidak melaksanakan tugas kedinasan, tidak cermat dan tidak bersemangat untuk kepentingan negara,” ujar Kepala Divisi Administrasi Kemenkum HAM Jabar Ceno Hersusetiokartiko di gedung Kanwil Kemenkumham Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019).

Menurut Ceno, YAP adalah regu pengawalan di Lapas Sukamiskin. Sementara SS merupakan anggota pengawal Setya Novanto yang ditugasi mengawal Setya Novanto saat melakukan perawatan di Rumah Sakit Santosa Bandung.

Hukuman yang didapatkan oleh SS dan YAP merupakan hukuman disiplin, yakni penundaan gaji dan kenaikan pangkat.

“Untuk SS penundaan gaji berkala selama satu tahun dan YAP penundaan kenaikan pangkat,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak mengatakan hukuman tersebut adalah pertanggungjawaban pihaknya atas kelakuan Setya Novanto. Liberti berharap, kedepannya tidak akan terulang kembali peristiwa serupa.

“Atas nama pimpinan wilayah, kami tetap menyatakan kesalahan ini ada di kami. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, petugas kami sudah dijatuhkan hukuman disiplin itu. Kami berharap peristiwa ini tidak terulang apalagi dengan modus yang sama,” tutur Liberti.

Sebelumnya beredar foto Setya Novanto yang pelesiran ke toko bangunan di kota Baru Parahyangan. Dalam foto yang beredar, dia terlihat sedang mengobrol dengan seorang wanita yang diduga adalah istrinya. Karena kejadian ini, Setya novanto akhirnya dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur. [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close