Regional

Dishub Kota Bandung Pastikan Akan Mencabut Izin Operasi Kendaraan Mudik Tak Laik Jalan

BANDUNG, BEDAnews – Kepala Seksi Manajemen Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Iya Sunarya memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang sebanyak 5 persen di Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum Bandung.

Selain itu, Iya juga mengingatkan kepada pemilik Perusahan Otobus (PO) yang lebih memperhatikan lagi kelaikan armada dan juga supir bus yang beroperasi pada waktu mudik.

“Diperhatikan lagi kelaikannya. Seperti rem, kelistrikan mobil, dan mesin mobil,” jelas Iya Sunarya dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (23/5/2019).

Dinas Perhubungan, lanjut Iya Sunarya, memastikan akan mencabut izin operasi bus dan kendaraan mudik yang tidak laik jalan dan membahayakan penumpang. Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Bandung, ada 641 bus di Terminal Leuwipanjang dan 203 bus di Terminal Cicaheum yang dinyatakan laik jalan.

Dengan fasilitas angkutan darat yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan, Iya mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung untuk memanfaatkan moda transportasi darat. Sebisa mungkin menghindari perjalanan mudik menggunakan sepeda motor.

Mengingat Bandung juga merupakan destinasi pulang kampung sekaligus wisata bagi sebagian masyarakat, Dishub Kota Bandung juga telah melakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi kemacetan di Bandung saat lebaran nanti. Di antaranya dengan melakukan rekayasa jalan di beberapa titik yang diprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan.

“Kita menugaskan Petugas Pengatur Lalu Lintas (PPL) di lapangan sebanyak 200 orang,” ujar Iya seraya menambahkan jumlah tersebut ditambah dengan PNS sebanyak 36 orang.

Untuk pengaturan lalu lintas lokasi wisata yang diprediksi akan dibanjiri pengunjung, Dishub Kota Bandung telah bekerjasama dengan pihak kepolisian. Selain itu, ada juga penataan di beberapa kantong parkir. (BD)

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close