SocietyTNI-POLRI

Makna Hari Kebangkitan Nasional, Menurut Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki

MADIUN, BEDAnews – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memiliki makna, arti, dan sejarah yang menggambarkan perjuangan bangsa dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional sendiri, dilakukan untuk mengenang organisai Budi Utomo, salah satu organisasi pertama yang bercorak nasionalis di Indonesia yang didirikan pada 20 Mei 1908.

Terkait peringatan Harkitnas yang jatuh pada 20 Mei besok, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki, S.E., M.Si. turut menyampaikan harapannya.

“Hari Kebangkitan Nasional hendaknya dapat kita maknai sebagai spirit untuk kita bersama-sama dan bahu-membahu dalam mewujudkan cita-cita perjuangan Bangsa Indonesia,” kata Danrem 081/DSJ melalui rilis tertulisnya, Sabtu (18/5/19).

Menurutnya, peringatan Harkitnas jangan hanya dimaknai sebagai ceremonial setiap tahunnya saja. “Namun kita harus mampu mewarisi semangat juang para pahlawan pendahulu kita dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” terangnya.

“Jika mereka para Pahlawan berjuang dalam merebut kemerdekaan, maka kita sebagai generasi penerus yang mewarisi kemerdekaan, kita harus senantiasa dapat meneruskannya dengan mengisi kemerdekaan tersebut,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, banyak hal yang bisa dilakukan guna mengisi kemerdekaan saat ini, seperti dengan kita selalu berupaya memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Dengan adanya semangat persatuan dan kesatuan yang kita miliki, kita tentunya berharap hal itu dapat menjadi modal utama dalam mengisi pembangunan, guna mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional,” tulis di akhir rilisnya. (Mr)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close