Peristiwa

Cegah Cacar Monyet Masuk ke Bandung, Bandara Husein Sastranegara Gunakan Thermoscaner

BANDUNG, BEDAnews.com- Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit cacar monyet ke Jawa Barat, Bandar Udara Husein Sastranegara melakukan pengawasan ketat terhadap kedatangan penumpang dari Singapura.

Pihak Bandara menggunakan alatpemindai tubuh untuk mengindikasi penumpang pesawat internasional yang terkena cacar monyet.

“Sejak merebak penyebaran penyakit cacar monyet, pemerintah menginstruksikan pemantauan atas penumpang pesawat dari Singapura terkait penyebaran cacar monyet, kami juga mulai melakukan pengecekan lebih intensif,” kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara, Andika Nuryaman, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat(17/5).

Menurut Andika, alat yang digunakan adalah Thermoscaner yang bisa memindai secara bersamaan ketika penumpang berjalan untuk meninggalkan area bandara.

Ia mengatakan saat ini alat pengecekan suhu tubuh yang ada di Bandara Husein Sastranegara hanya disimpan di tempat kedatangan pesawat internasional. Sebab cacar monyet sejauh ini baru diindikasi dari Singapura dan belum ditemukan dari dalam negeri.

“Di Bandara Husein kami fokus pada kedatangan penumpang internasional saja. Kalau di tempat kedatangan penumpang domestik memang belum dipasang,” jelasnya.

Andika menjelaskan alat Thermoscaner akan bekerja memindai suhu tubuh penumpang yang keluar jalur kedatangan internasional. Pemindai akan mengecek apakah penumpang tersebut memiliki suhu tubuh normal atau justru di atas rata-rata 37,5 derajat celcius.

“Jika ditemui penumpang dengan suhu tubuh tinggi, petugas akan meminta yang bersangkutan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nanti akan dibawa ke klinik khusus yang ada di lantai dua,” imbuhnya.

Ia menambahkan hingga hari ini belum ada satu pun penumpang dari luar negeri yang terpindai cacar monyet.

“Masih belum terpantau. Hingga hari ini penerbangan dari Singapura masih aman,” tandasnya. [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close