RegionalWilayah

FKPRA RPJMD Tentukan Arah Kebijakan Ciamis 2019-2024

CIAMIS, BEDAnews – Forum Konsultasi Publik Rencana Awal (FKPRA) RPJMD mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah selama 5 tahun ke depan.

Termasuk didalamnya adalah kerangka pendanaan pembangunan dan program perangkat daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat saat pembukaan kegiatan FKRA RPJMD Ciamis 2019-2024, di aula Adipati Anggana Bappeda kabupaten Ciamis, Selasa (44/5/2019).

Kegiatan dihadiri Wabup Ciamis Yana D Putra, para Staf Ahli, para Asisten, para kepala SKPD, para Kabag Setda Kabupaten Ciamis, Camat se-kabupaten Ciamis, para Komite Perencana, Ketua APDI, Ketua LPPM Unigal, dan Pendamping P3MD.

Menurut Bupati, evaluasi kinerja yang telah dicapai hendaknya perlu dilakukan sebelum menyusun perencanaan ke depan.

Kebijakan-kebijakan pembangunan yang telah dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan kemajuan diberbagai bidang pembangunan yang terlihat dari capaian indikator makro pembangunan Kabupaten Ciamis yang terus mengalami peningkatan, seperti IPM, LPE dan PDRB serta persentase kemiskinan dan pembangunan yang mengalami penurunan, akan teruskan ditingkatkan dalam periode 5 tahun kedepan, ujar Herdiat.

Pada kesempatan ini juga Bupati menyampaikan visi pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024 yakni “Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua”.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan 6 misi pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

Keenam misi tersebut yaitu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketersediaan satu fitur wilayah yang mendukung perkembangan wilayah, membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan dan potensi unggulan lokal, memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, penguatan otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan desa.

Diakhir sambutannya Bupati Ciamis berpesan kepada seluruh yang hadir agar mengikuti dan mencermati secara seksama dan mnterjemahkan indikator daerah yang tercantum dalam RPJMD ke dalam indikator perangkat daerah masing-masing.

“Yang lebih penting adalah menyusun rencana Program tahun ke depan secara efektif dan efisien,” tutup Bupati. (abraham)

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close