Peristiwa

BMKG: Gempa Sumbar Akibat Aktivitas Sesar Mentawai

BANDUNG, BEDAnews.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gempa berkekuatan 4,3 Skala Richter yang mengguncang Agam, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat sekitar pukul 06.51 WIB dikarenakan aktivitas sesar Mentawai.

“Jika memperhatikan letak sumber gempa bumi dengan kedalaman hiposenter yang dangkal, ini mencirikan sebagai aktivitas sesar Mentawai,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, Irwan Slamet, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/5).

Pusat gempa berkekuatan 4,3 SR itu berada pada koordinat 0.42 LS dan 99.50 BT, tepatnya di laut 31 Kilometer arah Barat Daya Pariaman dengan kedalaman 11 km. Berdasarkan laporan masyarakat yang diterima BMKG guncangan paling keras dirasakan di Kabupaten Agam dengan skala Mercalli II hingga III MMI.

Selain Agam, guncangan juga dirasakan warga Kota Pariaman, Padangpanjang, Padang, dan Kabupaten Pasaman Barat. Salah seorang warga Padang, Fadli (28) mengatakan, getaran gempa terasa jelas olehnya saat hendak berangkat kerja.

“Guncangannnya terasa menghentak dan mengagetkan, namun tidak berlangsung lama,” katanya.

Pada bagian lain, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bertanggungjawabkan.

Kemudian pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti media sosial (Instagram/Twitter @infoBMKG), situs www.bmkg.go.id, atau melalui aplikasi android (iOS dan Android @infobmkg). [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close