Hukum Kriminal

Mantan Bupati Cirebon Dituntut 7 Tahun Penjara

Bandung, BEDAnews,-

Bupati Cirebon nonaktif Sunjaya Purwadisastra dituntut hukuman tujuh tahun penjara oleh jaksa.  Sunjaya terbukti sah dan meyakinkan menerima gratifikasi terkait promosi jabatan di Kabupaten Cirebon.

Hal ini terungkap dalam tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi, dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, Rabu (24/4).

Jaksa menilai Sunjaya telah melanggar tindak pidana yang diatur dalam Pasal 12 huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, sebagaimana dakwaan pertama.

"Meminta kepada majelis hakim yang berwenang menyidangkan perkara ini untuk menjatuhkan hukuman pidana penjara selama tujuh tahun, serta denda Rp 400 juta yang bila tidak dibayar, diganti kurungan selama enam bulan," papar JPU KPK, Iskandar Marwanto, dalam amar tuntutannya.

Hal yang memberatkan, menurut jaksa, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi, telah merusak sistem promosi jabatan di pemerintahan, dan selaku bupati tidak memberikan teladan yang baik.

Sementara untuk yang meringankan, terdakwa bersikap sopan dan baik di persidangan, serta belum pernah dihukum.

Tak hanya itu, penuntut umum juga meminta agar majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung mencabut hak politik Sunjaya untuk dipilih pada pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

"Mencabut hak untuk dipilih selama lima tahun sejak terdakwa menyelesaikan masa pidananya," ujarnya.

Terhadap tuntutan ini, Sunjaya dan kuasa hukumnya akan menyampaikan pledoi atau nota pembelaan yang disampaikan dalam persidangan dua pekan mendatang.

Sunjaya tak banyak berkomentar ketika ditanya oleh awak media. Dirinya langsung meninggalkan ruang sidang.

Sunjaya didakwa menerima suap sebesar Rp 100 juta dari Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto terkait promosi jabatan. Pemberian uang tersebut karena terdakwa telah mengangkat dan melantik Gatot sebagai Sekdis PUPR Kabupaten Cirebon. [mae]

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close