Regional

Setwan Jabar Pimpin Raker Perencanaan Setwan Kab/Kota

 Bandung BEDAnews.com

Masih rendahnya  sudut pandang masyarakat terhadap kinerja  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang dinilai hanya sekedar jalan-jalan dengan kunjungan kerja dan kunjungan kerja melulu.

Terkait dengan Hal tersebut Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar rapat kerja perencanaan bersama Sekretariat DPRD seluruh jawa barat yang akan ditandai dengan adanya penandatangan kesepakatan bersama. Bertempat di Grand Pasundan Hotel kota Bandung. Selasa (5/3).

Ketua Rapat Kerja Perencanaan Setwan DPRD se- Jabar, Dr H Dodi Sukmayana, SE, MM mengatakan dalam arahannya pak Sekwan DPRD Jabar. Ir. H Toto Mohamad Toha  meminta seluruh peserta Raker dapat mendiskusikan dan memplenokan program kerja 2019-2023. Sebab hal ini, penting dalam menyamakan persepsi terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Setwan DPRD dalam memberikan pelayanan terhadap anggota dewan dan masyarakat.

Dijelaskan Dodi, menyamakan persepsi dilakukan karena sekarang ini  ada perbedaan persepsi dalam menterjemahkan tupoksi Setwan terutama dalam hal fungsi Budgeting, Legislasi dan Pengawasan.

Perbedaan persepsi tersebut, akhirnya berujung pada biasnya sudut pandang masyarakat terhadap kinerja anggota dewan, masyarakat menilai  anggota dewan tidak memiliki program kerja yang jelas.

Lebih jauh disampaikan perencana program DPRD jabar ini, Selama ini, baru Setwan Jabar  yang mendapatkan predekat A dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip), kedepan kita ingin seluruh Setwan Kab/kota se Jabar mendapatkan predikat “A” dalam LAKIP-nya. 
Untuk mendorong  itu tentunya dimulai dari saat perencanaan, pelaksanaan dan laporan  pertanggungjawaban termasuk juga pengawasan, ujar Dodi

Sementara itu, Kabag Keuangan Setwan DPRD Jawa Barat Iis Rostiasih menambahkan kegiatan ini adalah kegiatan perdana rapat kerja Humas dan protokol se Jawa Barat. 
"Mudah-mudahan ke depan, bisa setiap tahun, melaksanakan kegiatan ini. Sebab, hal ini juga berkaitan dengan program atau visi misi Gubernur Jawa Barat," katanya. 
Visi misi Gubernur Jawa Barat saat ini adalah mewujudkanmasyarakat Jabar Juara Lahir Batin, Inovatif dan Kolaboratif. 
"Kolaborasi yang dilakukan saat ini, supaya program-program kami bisa mendukung program atau mengkolaborasikan program provinsi dengan program kabupaten kota," jelasnya. 

Adapun input yang diharapkan dari kegiatan ini, lanjut Iis, adalah ternyata hampir seluruh sekretariat DPRD mempunyai visi dan misi yang sama. 
"Outputnya, mudah-mudahan DPRD se Jabar mempunyai indikator yang jelas dalam merencanakan program kerja. Sehingga pada saat dilakukan penilaian LAKIP dapat memperoleh predikat “A”, pungkas Iis.@hermantz

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close