Regional

Pemprov Jabar Akan Bangun Pusat Kebudayaan Di 27 Kota/Kabupaten

 Bandung. BEDAnews.com

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam waktu kurun 5 tahun mendatang akan membangun Pusat-pusat Kebudayaan di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Dalam pembangunan tahap pertama mulai tahun 2019 ini dialokasikan di 5 Kabupaten, yakni Kabupaten Bandung, Sumedang,Garut, Cirebon, Subang dan Ciamis.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat, Agus Hanafi yang didampngi Kabid Budaya, Wahyu Iskandar, Budayawan, DR Zaini dan Disainer Gedung Pusat Budaya Sunda, Permana, Rabu (5/3) di Jaringan Punya Informasi(Japri) Gedung Sate Bandung lebih lanjut menyatakan, pembangunan 5 gedung tahap pertama tersebut akan dimulai pada bulan Mei mendatang dengan alokasi biaya antara Rp 5- Rp 7 miliar.

Dikatakan, pembangunan tahap pertama ini diharapkan tidak akan menemui kendala agar pembangunan berikutnya bisa berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Pembangunan Pusat Budaya ini disebutkan di samping sebagai pelestarian buadaya Sunda juga dimaksudkan ruang ekspresi bidaya karena jaman sekarang ini seni tradisional mulai memudar yang digantikan oleh Orgen Tunggal seperti yang terjadi di Pantai Utara Jawa Barat.

Kemudian, pembangunan ini juga dimaksudkan, bisa dijadikan ruang seni dan atraksi. Dengan akan dibangunnya Pusat Budaya ini diharapkan bisa menjadi Pusat Informasi bagi wisatawan nusantara maupun wisata mancanegara,

Sementara itu, Budayawan Sunda,DR. Zaini menyatakan, kehadiran Ridwan Kamil sebagai Gubernur yang langsung merencanakan pembangunan pusat-pusat budaya ini merupakan”mimpi” bagi budayaan Jawa Barat yang dari tahun ke tahun terus menanti nanti pembangunan tersebut.

Dilain pihak, Disainer Gedung Pusat Budaya Sunda Jawa Barat, Permana menyatakan, disain gedung gedung tersebut akan mengakulturasikan moderen ke tradisional dan menggunakan material lokal.

Untuk Kabupaten yang paling siap membangun gedung Pusat Kebudayaan ini adalah Kabupaten Sumedang di atas lahan 13 hektar. Sedangkan Puusat Budayanya dibangun di atas 2 hektar lahan yang telah tersedia.@hermanto

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close