TNI-POLRI

Ungkap Dinamika Oprasional, Polres Ciamis Gelar Press Rilis Akhir Tahun 2018

Ciamis,BEDAnews

Dinamika oprasional Polres Ciamis tentang pengungkapan atau penanganan kasus kejadian sepanjang tahun 2018 dibeberkan Wakapolres Ciamis, Kompol Lalu Wira  dalam press rilis akhir tahun 2018 yang digelar jumat (28/12/2018) di ruang Commmand Center Polres Ciamis bersama para Kasat, dan Para Perwira kepada para awak media cetak maupun elektronik yang tergabung dalam Pokja Polres Ciamis.

Kasus tindak pidana pada tahun 2018 menurun 51% dibanding tahun 2017 “Selama tahun 2018 tindak pidana umum terjadi 411 kasus yang dapat diselesaikan sebanyak 275 kasus dengan persentase penyelesaian kasus 66,91%, yang paling banyak kasus curat 82, curanmor 86, penipuan 79 kasus, penganiayan 30 kasus, 26 kasus ttg perlindungan anak” ujarnya.

Sesuai golongannya tindak kejahatan secara umum digolongkan menjadi 4 yakni:

1. Kejahatan Konfensional terjadi tindak pidana 406 kasus seperti curat, penipuan dan lainnya.

2. Kejahatan Trans Nasional tidak terjadi di wilayah hukum Polres Ciamis.

3. Kejahatan Korupsi atawa kejahatan terhadap kekayaan negara terjadi 4 kasus yang dapat diselesaikan semuanya, dan mampu menyelesaikan 1 kasus tunggakan tahun tertinggal.

4. Kejahatan yang berimplikasi kontigensi 1 kasus yang bisa ditangani dengan baik dilapangan.

Prosentase penyelesaian Kasus hanya 66,9 % diakui Wakapolres Ciamis untuk jajarannya pada tahun 2019 bekerja lebih maksimal dengan upaya pencegahan dan penindakan yang akan mengedepankan selektif prioritas meskipun dengan kendala keterbatasan personil, sapras, luas wilayah hukum Polres Ciamis yaitu Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran  “Kita berkomitmen langkah yang dilaksanakan adalah memperkuat patroli melalui KKYD yakni, bentuk kegiatan yang melibatkan semua stekholder yitu 3 Pilar (TNI, polri, dan pemda) yang akan dilaksanakan di jam yang menjadi perhatian kita, kemudian juga melalui kegiatan sinergitas dengan masyrakat seperti menggiatkan kegiatan poskamling dengan menggiatkan pungsi Binmas untuk terus melakukan sambang“ kata Kompol Lalu Wira.

Pada tahun 2019 Polres Ciamis merencanakan tambah personil Bhabinkamtibmas supaya terpenuhi satu desa satu Polisi, sehingga diharapkan mampu menjadi pelopor didesa masing-masing supaya masyarakat mampu berperan aktif dalam pemberantasan kejahatan.   (abraham)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close