Politik

Dewan Jabar Sambut Baik Rencana Reaktivasi Jalur KA Mati.

Bandung BEDAnews.com

Dewan tanggapi positif Rencana Gubernur Jawa Barat untuk  menghidupkan kembali jalur kereta di Jawa Barat yang sudah lama  tak difungsikan (reaktivasi).  Seperti rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

"Setuju saja, mendukung, tapi kan karena sekarang sudah banyak dibangun jalan untuk moda transportasi lain, jumlah kendaraan juga banyak, tentu harus di kaji ulang jalur KA mana saja yang akan di reaktivasi," kata politisi Golkar ini kepada media di Bandung,Senin (17/9).   

Diungkapkannya, rencana reaktivasi jalur Bogor-Sukabumi, Sukabumi-Cianjur, Tanjungsari-Rancaekek sangat memungkinkan. Namun, Yod menilai untuk jalur Bandung-Ciwidey ataupun Banjar-Parigi sangat sulit, mengingat saat ini di jalur tersebut sudah banyak dibangun pemukiman warga.

"Saya lihat Bandung-Ciwidey ataupun Banjar-Parigi, agak meragukan karena investasi cukup besar. Kalau lihat dari sisi wisata itu view bagus, jalur Banjar-Parigi, saya kan pernah gunakan jalur itu, lihat pemandangan, terowongan ada jembatan panjang, tapi sekarang prihatin. Belum lagi persoalan sosial, jalur itu sudah banyak dirambah masyarakat," Ujarnya.

Lebih jauh diungkapkannya, persoalan pembebasan lahan untuk jalur kereta api, bakal menemui kendala. Pasalnya, persoalan pembebasan lahan sering kali berjalan alot. 
"Sekarang harus bebas dulu jalurnya dari persoalan sosial termasuk pemukiman, itu tidak mudah. Penyediaan anggaran bisa dibantu secara bertahap, tapi persoalannya kalau sudah menyangkut masalah lahan masyarakat, akan susah,"pungkasnya.@



Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close