Manca Negara

Satgas Indobatt XXIII-L/Unifil Kembali Temukan Granat Mortir di Distrik Az-Zakiyah

LEBANON – BEDAnews.com :  Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/United Nations Interim Forces In Lebanon (Unifil), Selasa (27/3/2018) kembali menemukan Unexploded Ordnance (UXO) yaitu bahan peledak aktif berjenis granat mortir di Area Of Responsibility (AoR) Kompi C, wilayah Az-Zakiyah, Lebanon Selatan.

UXO tersebut ditemukan oleh Tim Quick Reaction Team (QRT) Kompi C Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil yang dipimpin Kapten Mar Taufiq Hidayat, yang berawal dari laporan masyarakat setempat setelah melihat benda mencurigakan dan melaporkan kepada piket Tactical Operations Center (TOC) Kompi C, jam 14.50 waktu setempat.

Setelah dilakukan observasi oleh Tim QRT Kompi C, diduga benda tersebut adalah UXO berjenis granat mortir yang berasal dari sisa konflik beberapa tahun yang lalu. Selanjutnya, TOC Kompi C segera melaporkan penemuan tersebut kepada TOC Markas Batalyon Indobatt yang berada di 7-1 Adchits Alqusayr untuk di tindaklanjuti ke Markas Sektor Timur.

Selanjutnya UXO tersebut diamankan dan segera dimusnahkan oleh Tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) dari Lebanese Armed Forces (LAF) di bawah pimpinan Letnan Umar Falattah bersama tiga orang anggota yang datang untuk melokalisir tempat penemuan.

Menurut Komandan Satgas Indobatt  Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P., penemuan ini merupakan yang ke empat kali di AoR Indobatt selama empat bulan ini.  “Penemuan ini merupakan hasil kerja sama dan hubungan baik Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan stabilitas dan kedaulatan Lebanon,” ujarnya. (BD)

 

 

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close