C Journalism

Menghadapi Daya Saing, IABIE Beri Beasiswa Jurnalis Menuju Gerakan Indonesia 2030

Jakarta, BEDAnews.com

Peningkatan kualitas bagi profesi jurnalis (wartawan) tak luput dari perhatian Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), serta Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia dengan program memberikan beasiswa bagi para jurnalis khususnya di bidang peningkatan bahasa asing.

Seperti diungkapkan Ketua Umum IABIE, Bimo Sasongnko, BSAE, MSEIE, MBA bahwa latar belakang program beasiswa ini sengaja dirancang dalam menghadapi masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga keterampilan berbahasa asing sangat dibutuhkan untuk daya saing.

“ Bahasa asing yang kini menarik untu dikuasai adalah bukan saja bahasa Inggris tapi juga bahasa Jerman, Perancis, Belanda dan Jepang. Dalam hal ini para jurnalis perlu diup date pengetahuan dan sekaligus mentalnya,” ungkap Bimo yang juga menjadi CEO & President Direktur Euro Management Indonesia.

Menurut Ketua Bidang Pengembangan Profesionalitas Tenaga Kerja Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Pusat ini, tujuan dari upgrading wartawan Indonesia untuk membuka mindset para wartawan Indonesia akan pentingnya menguasai bahasa asing, juga sebagai motivasi para wartawan melanjutkan kuliah di luar negeri.

“Para wartawan tidak hanya mendapatkan beasiswa bahasa asing saja tapi juga akan mendapatkan kegiatan workshop mengenai budaya dan wawasan kuliah di luar negeri. Yang akhirnya para wartawan mampu berkomunikasi dalam berbagai bahasa di dunia,” tutur Bimo sang penggagas Beasiswa Indonesia 2030.

Mengutip data bank dunia, menurut Bimo bahwa, di tahun 2030 nantinya Indonesia akan menjelma masuk menjadi Negara 6 besar di dunia dengan peringkat (1) China, (2) Amerika, (3) Jepang, (4) Brasil, (5) Rusia dan (6) Indonesia.

“Program beasiswa bahasa asing buat jurnalis adalah satu-satunya di Indonesia dan ditargetkan pada tahun 2016 untuk 1000 wartawan selama dua semester (@ 60 jam= 6 bulan),” pungkas Bimo. (M. Harun).  

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close