Regional

Jelang Lebaran di Banyumas, 13 Pos Pam Dibangun dan 11 CCTV Dipasang

Banyumas, BEDAnews.com

Untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas (kamseltibcarlantas) di jalan raya/umum menjelang perayaan lebaran Idul Fitri 1436 H / 2015 M khussusnya di wilayah hukum Polres Banyumas yang diperkirakan jumlah arus kendaraan umum/pemudik akan mengalami peningkatan sejak awal bulan Juli 2015, jajaran Satlantas Polres Banyumas telah mempersiapkan 1250 barikade untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan kemacetan dan lakalantas.

Kasatlantas, AKP Irham Kustarto, SH, S.Ik melalui Kanitlakalantas, Iptu Erwin C Siregar, SH saat ditemui wartawan mengungkapkan, pihaknya juga berupaya memasang kurang lebih 500 baner dan spanduk bekerja sama dengan instansi swasta yang memiliki kepedulian social terhadap keselamatan para pengguna jalan. “Dalam pengamanan operasi ketupat candi ini bukan hanya anggota satlantas saja yang turun melaksanakan tugas di jalan, tapi juga seluruh personel anggota Polres Banyumas maupun jajaran personel Polsek,” jelas Iptu Erwin.

Diungkapkan, untuk menciptakan Kamseltibcarlantas di jalan, pihaknya juga telah membangun ± 13 pos pengamanan (pos-pam) dan pos pelayanan (pos-yan) serta sub pos pam yang masing-masing dijaga oleh para personel gabungan dari polres, kodim dan dinhubkominfo dan satpol PP.

Menurutnya, untuk menanggulangi terjadinya lakalantas, pihaknya telah melakukan  upaya kerja sama dengan pengusaha Derek. “Untuk jalur selatan kita persiapkan alat pengangkut barang berat itu di daerah krumput, kecamatan Banyumas, sedangkan di Kota Purwokerto kita persiapkan di Kecamatan Baturaden,” jelasnya.

Dikatakan, titik-titik lokasi ruas jalan yang merupakan daerah rawan kecelakaan antara lain Baturaden, Krumput, Lumbir, Pekuncen, Perempatan Tanjung dan Kemranjen sedangkan simpul-simpul yang menimbulkan kemacetan arus lalu lintas diantaranya perlintasan rel KA sebidang. “Untuk mengantisipasi kemacetan kita sudah persiapkan pos-pam dengan personel tugas piket secara estafet 24 jam,” katanya, seraya menambahkan bahwa Induk pospam di jalur selatan berada di Kecamatan Sumpiuh.

Lebih jauh diungkapkan, pihaknya juga akan membuat CCTV untuk dipasang di 11 titik yang padat dan rawan kemacetan arus lalu lintas masing-masing di Pekuncen, Wangon, Ajibarang, Sokaraja, Banyumas, Buntu, Sumpyuh, Simpang Tiga Menganti, Simpang Tiga Rawalo, dan Simpang Tiga Patikraja.  “Untuk server kita pasang di Sumpyuh,” jelasnya.

Diperoleh keterangan, berdasarkan kordinasi jajaran satlantas Polres Banyumas dengan Lintas sektor Pemangku rumah pinggir jalan Sumpyuh, untuk jalur lingkar sumpyuh yang masih dalam proses pembangunan masih belum bisa difungsikan untuk operasional kendaraan. “Karena tekstur kondisi jalan masih dalam proses pembangunan dan belum selesai dikerjakan, sehingga belum bisa dilewati berbagai jenis kendaraan,” tuturnya mengakhiri pembicaraan singkat dengan wartawan. (Widoyo/Agles)

Selanjutnya

Related Articles

3 Comments

  1. 887569 506605This really is such a terrific resource that you are offering and you supply out at no cost. I appreciate seeing web sites that realize the worth of offering a perfect valuable resource entirely free. I genuinely loved reading your submit. 915986

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close