Regional

Disduk Capil Garut, Berikan Pelayanan Prima

Garut, BEDAnews

Pelayanan prima di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Garut, bisa terbukti. Beberapa warga Garut yang mengurus akte kelahiran untuk anaknya dapat diselesaikan dalam jangka waktu singkat.

Menurut Kepala Dins Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Garut Drs. H. Darsani M.Si., saat ditemui BEDAnews.com Kamis (11/7/20130), pelayanan untuk pengurusan akte kelahiran sudah merupakan kewajiban bagi petugas yang ada di dinas catatan sipil.

Sekalipun saat ini adanya nomor antrean hanya dibatasi sampai 400 pemohon saja, tetapi untuk tercapainya target dan pelayanan tidak mengecewakan masyarakat Garut terpaksa harus bekerja sampai larut malam, ujar Darsani.

Darsani menjelaskan, selama datang ke kantor tersebut, jam kedatangannya pun berbeda-beda, dengan maksud untuk bisa mendapatkan nomor antrean tersebut, bahkan bulan Juli ini harus menyelesaikan 60.000 lebih Akta Kelahiran, belum KTP, mengurus Surat Pindah dan lainnya, tapi di tempat itu sudah ada ratusan pengantre sejak pagi.

Namun di tempat itu pun sekalipun dibatasi pengurusannya hanya sebanyak 50 pemohon. Namun kenyataannya sampai jam 4 pun masih dilayaninya. Karena khawatir pada si pemohon yang alamatnya jauh, ujar Darsani.

“Ya, tidak semua pemohon mendapatkan nomor antrian, ada juga sebagian pemohon yang kecewa karena tak bisa mendapatkan nomor antrean, atau jam kerjanya sudah tutup,” tambah dia.

Yang jelas, untuk bulan Juli 2013 itu pemohon membludak. Sementara Dispenduk Capil terbatas waktu penyelesaian dan jumlah pegawai yang menangani pelayanan tersebut, serta butuh perhitungan penelitian dan kelengkapan berkas pemohon, karenanya dibatasi, jelas Darsani.

Tentu saja sebagai fungsi pelayanan umum, apa yang dilakukan Dispenduk Capil tak tepat. Pasalnya, dinas ini yang memberlakukan pengurusan terakhir bagi pemohon yang terlambat, tentu saja bakal diserbu pemohon.

Seharusnya, jika memberlakukan aturan tersebut, tentu harus siap dengan segala resiko diserbu pemohon. Bahkan dinas, seharusnya sudah memiliki langkah antisipasi dengan cara menambah pegawai pengurusan, bukan malam melakukan pembatasan pengurusan setiap harinya, ujarnya. (Sighar/Yanti)

 

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

  1. Waduh bohong amat, buktinya pelayanan e ktp saja cuma 1jam kacau. Bukannya jam pulang pns jan 16.00 ya koq jam 9 pagi pencatatn e ktp sudh ditutup…??

  2. Waduh bohong amat, buktinya pelayanan e ktp saja cuma 1jam kacau. Bukannya jam pulang pns jan 16.00 ya koq jam 9 pagi pencatatn e ktp sudh ditutup…??

  3. Assaalamualaikum
    maaf ya aku mu nanya nih kenapa bikin KTP di Garut bayar? kemarin tmn saya ada yg byr 50rb untk pengambilan slm 1jm pembuatan, dan yg 120 100rb selama satu hari. setau saya sih pembuatan KTP sampai tgl 23 September itu gratis di seluruh Indonesia dengan pembuatan selama 1jam. kenapa kemarin teman saya yg 3 org hrus bayar dengan harga yg berbeda?!

  4. Assaalamualaikum
    maaf ya aku mu nanya nih kenapa bikin E-KTP di Garut bayar? kemarin tmn saya ada yg byr 50rb untk pengambilan slm 1jm pembuatan, dan yg 120 100rb selama satu hari. setau saya sih pembuatan E-KTP sampai tgl 23 September itu gratis di seluruh Indonesia dengan pembuatan selama 1jam. kenapa kemarin teman saya yg 3 org hrus bayar dengan harga yg berbeda?! Dan sodaraa sy bikin E-KTP warga Tanggerang tidak bayar dan pembuatanny slm 1jam. gimana nih???

  5. Saya selaku perwakilan rakyat, mengeluh dan kecewa atas kurang baik nya pelayanan dinas kependudukan atou capil kabupaten garut ,sangat sulit kah rakyat kecil yg pengen buat e-ktp dengan pelayanan yg buruk dan sulit dalam pembuatan nya..pada hari ini jumat 03 maret 2017 saya datang ke disduk capil, untuk perbaiakn e-ktp,dan masih banyak lagi orng yg pada datang untuk pembuatn dan perbaikn e-ktp sampai disduk capil saya masyarakat banyak yg kurang dilayani dengan baik dan kurng oftimal yg mengakibatkn saya dan masyarakat pulang dengan ketidak kejadi nya e-ktp ..kita datng jauh-jauh dari pagi pajar blom terbit nyampe siang dengan sia-sia ..

  6. saya tadinya mau ngurus surat pindah keluar kecamat,berbarengan dengan membuat akta kelahiran anak saya,sudah ,8,bulan ini belum juga ada yang beres satupun,

  7. PARAH banget sistem pelayanan disduk garut ini,jangan kan kenyamanan pelayanan aja parah lambat banget waktu saya mau bikin surat pindah aja sampe seharian antri gk dipanggil panggil malah cepetan yg lewat belakang..gk tau tuh jalan nya kemana.
    Pokonya disduk garut PARAH..

  8. Assalamualaikum. Salam sejahtera, harusnya yang melayani di disduk capil itu jangan sama pelajar yang lagi PKL, sehingga tidak salah dalam memberi kepahaman kepada masyarakat yang ingin membuat e-KTP. Tadi oge urang rek buat ktp geus di kantor kacamatan terus di titah ka capil, di capil ku bdk eta di titah deui ka kacamatan, ehh di kacamatan kalah di carekan titah berangkat deui kaditu. Pas urg sampai di capil teh langsung ngajelaskeun ka bdk eta th naon wae nu di jelasken ti pihak kacamatan. Bdk eta teh kalah nitah deui ka kacamatan puguh urg th geus ti kantor kacamatan bari geus di jelasken.ngagerowan we ka pegawai aslina, di jelaskeun ngarti we yen urg teh kdu ka gedung disamping capil heula kakara kadieu.:> ari bdk eta kekeh kudu kacamatan, bari bdk eta teh nitah ka masyarakat anu masalahna sarua dititah ka kacamatan deui, ADEUH KARUNYA

  9. Gimana nih saya udah 2kali bikin surat pindah dari garut tapi ga bener2 datanya ga sama terus katanya udah resmi pindah tapi data saya masih ada di database garut kumaha yeuh..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close