Nasional

Ajang ICCC, Dua Mahasiswa UGM Wakili Indonesia

Jogyakarta, BEDAnews

Dua Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Ashriza Noor Hikmah dan Gita Armarosa Sembiring berhak mewakili Indonesia di ajang International Client Consultation Competition (ICCC) di Glasgow Scotlandia, April mendatang. Keduanya berhak mewakili Indonesia, setelah berhasil menyisihkan 37 peserta dari empat Universitas ternama di indonesia, pada 15 dan 16 Desember 2012 lalu.

Head of Administration, Hospitality & Public Relation ICCC tahun 2012 di Dublin, Cindy Nurfitri dalam siaran pers yang diterima BEDAnews, Sabtu (29/12), mengatakan, International Client Consultation Competition atau ICCC merupakan kompetisi yang mengedepankan pengetahuan mahasiswa fakultas hukum sebagai seorang pengacara dalam menganalisa berbagai macam kasus yang dihadapi oleh kliennya.

“Kegiatan ini merupakan sebuah kompetisi internasional yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun dan diikuti oleh mahasiswa sekolah hukum dari berbagai negara di Indonesia,“ jelasnya.

Dalam kompetisi ini peserta diharuskan menyelesaikan persoalan hukum yang terjadi. Kasus yang dimunculkan dalam kompetisi ini merupakan kasus yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari, dan membutuhkan konsultasi khususnya kepada pengacara. Sehingga klien sebagai masyarakat yang awam tentang hukum akan mendapatkan saran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dan selanjutnya mendapat bantuan hukum yang dibutuhkan.

Penyelesaian masalah yang akan digunakan oleh peserta pada kompetisi ini adalah dasar acuan hukum dari negara asal peserta, mengingat sistem hukum yang digunakan di masing-masing negara berbeda.

Dia menyebutkan, Universitas Gadjah Mada sebagai national representative atau perwakilan nasional untuk Indonesia pada ICCC menyelenggarakan seleksi peserta ICCC yang akan diberangkatkan pada kompetisi mendatang di Glasgow, Skotlandia April 2013 mendatang.

Seleksi nasional ini diikuti oleh 4 universitas terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Udayana.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 15-16 Desember 2012 yang lalu ini bertempat di Fakultas Hukum UGM dan mengangkat tema hukum pidana sesuai dengan tema internasional ICCC yaitu ‘Serious Crime Against Person’. Juri dari kompetisi ini berasal dari elemen akademisi, lawyer, dan psikolog.

”Semoga penyelenggaraan kompetisi ini dapat menjadi sumbangsih positif bagi pendidikan hukum bagi calon praktisi dan konsultan hukum Indonesia juga diharapkan dapat menjadi tempat mencari pengalaman dan mengukir prestasi bagi mahasiswa hukum di Indonesia di kancah internasional,” pungkasnya. (Red/Bubun M)  

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close