Politik

Partai NasDem Cimahi Seleksi Bacaleg Sementara

Cimahi, BEDAnews

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Cimahi, melakukan seleksi Bakal Calon Legislatitif (Bacaleg) sementara. Sedikitnya 58 Bacaleg diinternal partai diseleksi dengan cara wawancara langsung kepada para Bacaleg.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Cimahi, Heri Sambas mengatakan, dari 58 Bacaleg sementara tersebut, 55 orang disiapkan untuk berkompetisi menjadi anggota DPRD Kota Cimahi, sisanya tiga orang untuk anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

”Seleksi atau fit and proper test bacaleg dilaksanakan untuk menghasilkan calon anggota legsilatif yang memiliki potensi pribadi maupun dilingkungan masyarakat, sebab, kami menargetkan untuk menjadikan single mayority di DPRD Kota Cimahi,” jelasnya, Jum’at (28/12).

Pelaksanaan wawancara ini merupakan langkah awal sebelum diberikan pembekalan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem.

Selain dari internal Partai NasDem, akan dilakukan pula rekrutmen Bacaleg dari tokoh masyarakat, ormas maupun badan dan sayap Partai NasDem di Kota Cimahi. Hal ini dilakukan karena Partai NasDem merupakan partai terbuka. ”Seleksi Bacaleg ini merupakan langkah yang dilakukan untuk melaksanakan instruksi partai, dengan agenda restorasinya, dengan langkah awal memenangkan Pemilu Legislatif 2014,“ paparnya.

Dijelaskannya, jika melihat potensi para bacaleg yang ada, pihaknya optimis bisa meraih suara di Pemilu Legislatif 2014 mendatang, karena semua potensi tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Cimahi.

Sesuai dengan ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai NasDem akan merekrut 200 persen dari jumlah kursi di DPRD Kota Cimahi. Saat ini, jumlah kursi di DPRD Kota Cimahi adalah 45 orang, sehingga DPD Partai NasDem Kota Cimahi akan menyiapkan 90 orang Bacaleg sementara yang akan diseleksi kembali menjadi 45 orang Caleg sementara pada April 2013.

Seseorang bisa menjadi Caleg di Partai NasDem didasarkan kepada beberapa parameter, yaitu penilain di tingkat DPD tentang loyalitas dan eksistensi bakal calon, penilaian DPW dan empat lemaga survey yang ditunjuk DPP Partai NasDem.

“Jadi, kami tak sembarangan mendudukan para kader sebagai Bacaleg, karena harus melalui beberapa tahapan dan proses penilaian, sebelum yang bersangkutan menjadi Caleg,“ tandasnya. (Bubun M)  

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close