Regional

Perda RPJMD Cimahi Ditetapkan Febuari 2013

Cimahi, BEDAnews

Visi misi Kepala Daerah terpilih pada Pemilukada yang lalu, dijadikan acuan dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Cimahi lima tahun kedepan, yang dituangkan dalam Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cimahi 2012-2017.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Cimahi Tety Murtiwendani, melalui Sekertaris Bappeda Kota Cimahi Yandi Tubagus mengatakan, semua kegiatan pembangunan tersebut, ditopang oleh Lintas SKPD Kota Cimahi dan program kewilayahan yang disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

RPJMD mengacu pada UU No. 32 tahun 2006, tentang Pemerintahan Daerah dan Perencanaan Pembangunan. “RPJMD dengan masa waktu 5 tahun atau pembangunan yang direncanakan atas periode 2012 s/d 2017 ini, merupakan pembangunan yang berpedoman atas RPJMN yang mempertimbangkan pada
kebijakan keuangan daerah,” kata Yandi, saat rapat pembahasan draft rancangan awal RPJMD Kota Cimahi, di Alam Wisata Cimahi, Jl Kolonel Masturi, Rabu (26/12/2012).

Melalui tahapan penyusunan program tersebut, jelas Yandi, RPJMD juga mengacu pada Permendagri No. 54 tahun 2010. Penyusunan program ini disiapkan sejak Oktober 2012, kemudian penyusunan rancangan awalnya pada November- Desember 2012, dan pada Januari 2013 masuk pada penyusunan rancangan RPJMD yang meliputi pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembngunan (Musrenbang) RPJMD dan rancangan perumusan akhir, dan akan ditetapkan Perda RPJMD ini pada bulan Febuari 2013.

Sementara menurut Sekretaris Komisi III  DPRD Kota Cimahi H. Nabsun, pada rapat pembahasan draft rancangan awal RJPMD ini, mempersiapkan penyusunan Raperda RPJMD ini melalui mekanisme yang sudah terprogram, agenda tahapan mesti dilalui dengan pembentukan TIM Penyusun RPJMD, yang berorientasi pada penyusunan agenda kerja TIM penyusun dan pengumpulan data dan informasi dengan program-program prioritas sesuai rencana kerja dan hasil kajian. (Bubun M)  

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close