Regional

Warga Karangmekar Protes Polusi Sampah

Cimahi, BEDAnews

Keberadaan Trashtrek di Leuwigoong kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah, dikomplain warga setempat. Pasalnya, selain bangunannya tidak berfungsi dan karatan, tumpukan sampah di lokasi bangunan tersebut menimbulkan polusi yang tidak sedap. 

Warga Karang Mekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi mempertanyakan kelanjutan proyek pembangunan disekitar kali yang terletak di RW 08 Kel. Karang Mekar. “Kami ingin menanyakan kelanjutan dari pembangunan proyek disekitar kali yang berbatasan langsung dengan Leuwigoong,” kata Syarif, warga setempat.

Menurutnya, warga tidak menegetahui peruntukannya untuk apa, namun yang diketahui warga, bangunannya tidak terawat, dan mulai karatan. Adanya bangunan itu menjadikan RW 08 menjadi tempat pembuangan sementara sampah (TPS). ”Jika musim hujan, warga sekitar terkena efek polusi dari sampah, kami mohon penjelasannya dari Dinas PU Kota Cimahi,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PU Kota Cimahi Ison Suhud mengatakan, Bila yang dimaksud adalah penjaring sampah dari sungai, maka bangunan tersebut milik pemprov Jabar yang belum diserahkan kepada pemkot Cimahi, sehingga belum dapat dimanfaatkan. “Serah terima dari Pemprov Jabar belum dilaksanakan, sehingga kami pun belum bisa memanfaatkan alat penjaring sampah tersebut,” kata Ison singkat.

Hal yang sama diungkapkan Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi, H. Ade Ruhiyat. Menurutnya, Trashtrek (Alat Penyaring sampah yang diambil dari kali). Pembangunanya dilakukan oleh pemerintah Provinsi. Adapun TPS di RW 8 Karang Mekar, sebenarnya Pemkot Cimahi telah menempatkan. Container di sana dan ditari seecara periodik, hanya para petugas sampah rw sering tdk memasukan sampah ke dalam container melainkan disimpan di bawah / landasan.

”Kami sudah menindaklanjutinya dengan melakukan rapat bersama lima Ketua RW. Dalam rapat dengan lima ketua RW tersebut, para ketua RW diminta untuk menertibkan pembuangan sampah yang berasal dari warga, sehingga timbuaan sampah tidak mengaggnggu dan menimbulkan polusi,” pungkasnya. (Bubunn M)   

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close