Regional

Puluhan Ribu Warga Cimahi Masih Menganggur

Cimahi, BEDAnews

Puluhan warga Kota Cimahi masih tercatat sebagai pengangguran. Hal itu diketahui setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi melakukan rekapitulasi sesuai dengan kartu keluarga.

Kepala Seksi Pengolahan dan Penyimpanan Data Kependudukan Disdukcapil Kota Cimahi Lilik Dwi Yulianto menuturkan, hingga akhir Oktober tahun ini tercatat sekitar 41.647 warga yang masih berstatus tidak bekerja (menganggur) yang tersebar di 3 Kecamatan dan 15 Kelurahan.

Sementara itu pihaknya belum dapat memastikan angka tersebut mengingat setiap data yang diterima dapat berubah sesuai dengan laporan. "Setiap saat data tersebut dapat berubah, mengingat belum seluruhnya dapat terdata secara valid," ucap Lilik, Kamis (13/12).

Menurut dia, mayoritas angka pengangguran di Kota Cimahi lebih didominasi oleh para pendatang. Sebagai kota industri, industri di Kota Cimahi masih minim menyerap pekerja dari Kota Cimahi, angkanya hanya 30.697 pekerja atau sekitar 11,65 persen dari angkatan kerja.

"Sejauh ini pengangguran tertinggi di Kecamatan Cimahi Selatan atau kawasan industri di Kota Cimahi, yakni sebanyak 19.201 orang," ucap Lilik.

Dia menambahkan, kondisi yang terjadi di Kota Cimahi akibat tidak seimbangnya antara jumlah pencari kerja dan lapangan pekerjaan yang ada. Bahkan terkadang tenaga kerja yang tersedia pun tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada.

"Untuk meminimalisir laju pertumbuhan angka pengangguran kami akan melakukan pengendalian khusus bagi para pendatang agar memiliki jaminan selama mereka belum mendapatkan pekerjaan," ujarnya. (Bubun)  

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close