Pendidikan

Pelajar Diajak Beretika Berlalu Lintas

Cimahi, BEDAnews

Agar dapat meminimalisir angka kecelakaan kendaraan bermotor di wilayah Kota Cimahi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi membuat event safety reading dengan mengajak Pelajar meningkatkan kesadaran berkendaraan agar terhindar dari segala kecelakaan lalu lintas.

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Odang Rustandi, menyebutkan Safety Reading adalah bentuk kepedulian dalam menumbuhkan kesadaran bagi pelajar dalam mengemudi kendaraan bermotor di jalan raya. Program ini, diharapkan dapat menjadikan pengetahuan dan pemahaman cara berkendara di jalan raya secara benar dan aman bagi dirinya juga pengendara lain.

“Karena angka kecelakaan kendaraan bermotor terutama roda dua terus mengalami peningkatan, sehingga banyak menelan korban, kami membangun dan mengarahkan agar pelajar yang umumnya memiliki jiwa muda dan rentan terhadap kebut-kebutan, diharapkan safety reading menjadikan wahana yang postip dan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas,” jelasnya, usai acara di SMK Negeri I Cimahi, Kamis (13/12).

Menurut Odang, angka kecelakaan kendaraan bermotor mayoritas akibat kelalaian dalam berkendara, sepert kurang mahir dalam mengemudi, ugal ugalan, terlalu capek hingga tidak konsentrasi, dan faktor teknis dari kendaraan juga berpotensi, seperti; rem blong, kelengkapan lampu indikator sen, lampu rem dan faktor lainnya.

Odang melanjutkan, untuk itu, yang paling penting dalam persiapan sebelum mengemudi adalah, kesiapan pengemudi apakah benar-benar dalam kondisi fit, kendaraannya dalam konsisi fit juga, serta kemantapan dalam mengendarai motorpun dapat berpengaruh bagi pengemudi dalam meminimalis kecelakaan. (Bubun)  

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close