Regional

Puluhan Warga Cimahi Jadi Transmigran di Kalimantan Barat

Cimahi, BEDAnews

Sebanyak 61 jiwa dari 14 Kepala Keluarga (KK) warga Kota Cimahi pada  2012 ini diberangkatkan sebagai transmigran ke Provinsi Kalimantan Barat. Padatnya jumlah penduduk Kota Cimahi menjadikan berbagai persoalan di masyarakat, seperti kesempatan bekerja, demikian dikatakan Walikota Cimahi Atty Suharti saat acara pemberangkatan, Jum’at (7/12).

Karenanya, supaya masyarakat dapat hidup mandiri, pemerintah memprogramkan transmigrasi penduduk Pulau Jawa ke luar Jawa. “Sebelum diberangkatkan, Warga Cimahi yang mengikuti program ini dibekali dengan berbagai persiapan sebagai bekal hidup di lokasi transmigrasi,“ ujarnya.

Menurutnya, berbekal pembinaan sebelum mengikuti program transmigrasi, diharapkan warga Cimahi yang turut dalam program tersebut dapat hidup maju dan mandiri, apalagi jika ibu-ibu yang mendampingi suaminya sebagai transmigran bisa mengembangkan dirinya dengan keterampilan, sehingga bisa membantu ekonomi keluarga.

Sementara Kepala Bidang Pelatihan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Cimahi Yanuar Taufik mengatakan, pada pemberangkatan kali ini warga yang mengikuti transmigrasi sebelumnya sudah mendapat pembekalan dan bimbingan yang dilaksanakan pada bulan April 2012 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat.

Para calon transmigran yang diberangkatkan ini merupakan hasil seleksi dari seluruh pendaftar. ”Sebelum diberangkatkan, mereka  dibekali pemahaman situasi dan kondisi tempat yang akan mereka tinggali, di Kecamatan Sungai Bulan C Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat,“ katanya.

Yanuar menambahkan, mayoritas transmigran asal Cimahi ini awalnya bekerja serabutan. Untuk bekal para transmigran, Pemkot Cimahi memfasilitasi uang Kadeudeuh bagi tiap Kepala Kelurga sebesar Rp. 5 juta, alat pertanian dan bibit tanaman.

”Dilokasi transmigrasi, mereka akan menggarap sebidang tanah pertanian seluas dua  hektar. Setelah lima tahun tanah tersebut sudah menjadi hak milik mereka”, tandas dia. (Bubun)  

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close