Politik

Balon Cagub-Cawagub Penyakitan Bisa Diganti

Bandung, BEDAnews

Calon Gubernur (Cagub) atau calon Wakil Gubernur (cawagub) Jabar yang telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan, apabila mereka dinyatakan tidak lolos tes uji kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin  Bandung, maka calon bersangkutan dapat diganti oleh calon lain yang akan bertarung pada Pilgub Jabar, demikain ditegaskan Ketua pokja Pencalonan KPU Jabar Teten Setiawan di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Jumat (30/11).

"Sesuai peraturan KPU, kalau ada yang tidak memenuhi syarat, harus dilakukan penggantian calon," ungkapnya.

Jika ternyata ada yang harus diganti, KPU sudah mempersiapkan waktu dan segala persiapannya, yang jelas kita sudah siapkan jadwal sebagai antisipasi agar tidak mengganggu jadwal yang ada," jelas Teten.

Menurut Teten, calon pengganti nantinya harus memenuhi berbagai persyaratan yang ada agar bisa maju sebagai kandidat pada pilgub nanti. "Tapi bukan berarti sekarang sudah ada calon yang dinyatakan tidak lolos. Kita berharap semuanya sehat dan memenuhi persyaratan," katanya.

Dijelaskannya, hasil pemeriksaan balon oleh tim dokter bersifat final dan tidak bisa direvisi. Selain itu, hasil dari tim dokter juga akan menjadi bahan dalam rapat pleno KPU Jabar saat menentukan kelolosan balon. "Itu artinya, nggak ada second opinion atau tidak bisa diulang," ungkapnya.

Sementara Ketua IDI Jabar Rulianto ogah menyebut hasil pemeriksaan cagub-cawagub seperti apa. Dalam hal ini, IDI hanya bertugas menggelar pemeriksaan cagub-cawagub dimana RSHS sebagai pelaksana. "Soal hasilnya, saya tidak bisa memberikan komentar, itu kewenangan KPU," ujarnya. (Hermanto)

 

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close