Regional

Dua Kelurahan di Cimahi Berstatus Sanitasi Buruk

Cimahi, BEDAnews

Dua kelurahan di kota Cimahi, dikategorikan berstatus sanitasi buruk akibat terkendala kemiskinanan. Dua kelurahan di Kota Cimahi itu adalah Kelurahan Utama dan kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan.

“Dua kelurahan itu dikatagorikan bersanitasi buruk karena masih terkendala soal air limbah, air bersih, sampah dan drainase, karenanya kami melakukan sosialisasi peningkatan penataan sanitasi lingkungan, dengan melibatkan warga setempat,” kata Kepala Sub Bagian Program Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencan (BPMPPKB) Kota Cimahi, Dwi Retnani, Rabu (28/11).

Menurut Dwi, dalam sosialisasi yang digelar kepada para Ketua RW dan pegawai SKPD itu, pihaknya sengaja melakukannya dengan cara diskusi kelompok, supaya warga lebih cepat memahami persoalan yang sedang dihadapinya. Dengan cara seperti itu, pelaksanaan sosialisasipun bisa berlangsung dengan santai dan hidup, karena para peserta tidak canggung dan ikut terlibat memikirkan persoalan sanitasi yang dihadapi di lingkungannya masing-masing.

Ada empat persoalan yang sangat berkaitan dengan masalah sanitasi, ujar Dwi, yaitu air minum, air bersih, sampah dan dranaise. Jika keempat factor itu tidak mendukung dipastikan santitasi diwilayah tersebut bisa buruk.

“Persoalan kemiskinan sangat berpengaruh sekali bagi warga, karena akibat kemiskinan, mereka tak mampu menyediakan sarana untuk kepentingan hidupnya sehari-hari, contoh terkecil adalah sebuah keluarga tak mampu menyediakan jamban, sehingga buang air besar (BAB) dimana saja,” sebutnya.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Pemkot Cimahi sudah menyelesaikan pembuatan buku putih tentang lingkungan yang sudah diterbitkan pada 2011 lalu. Dari buku putih itu selanjutnya dilakukan analisa untuk dicarikan solusinya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan melibatkan seluruh SKP terkait yang tergabung dalam Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL). (Bubun M)  

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

  1. Bos .ane pengen buat jaaignrn tv kabel dkampung ane . bisa bantuan penjelasan dari A sampai Z gax bos .. nanti alatnya ane pesen di tempat bos bisa ??Telp ane :085640353162bos sms nanti ane telpon .Trims Bos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close