Regional

Penerangan Jalan di Cimahi Masih Kurang

Cimahi, BEDAnews

Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di Kota Cimahi, sampai saat ini masih di anggap belum maksimal. Pasalnya, masih banyak ruas jalan umum yang masih gelap.

Tokoh masyarakat Kelurahan Baros, Muchlisin mengatakan, PJU di Kota Cimahi masih belum memadai, karena baru dipasang di jalan protocol saja, padahal berpengaruh untuk keamanan pengguna jalan, meminimalisir kecelakaan pengguna jalan juga meminimalisir dari ancaman kejahatan, ungkap Muchlisin, Rabu (21/11) di Cimahi.

Selain itu menurut, Muchlisin, kota Cimahi merupakan Kota dengan skala wilayah kecil namun untuk penerangan saja masih kurang, kalau malam terkesan gelap. “Bila perlu saya antar untuk berkeliling malam, apalagi di jalan industri, padahal di kota Cimahi terdapat sekira 400 perusahaan yang memberikan kontribusi terbesar dari pajak penerangan jalan umum tersebut pastinya juga besar,” ucapnya.

PJU sebenarnya bisa bermanfaat untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat, yang berusaha dalam kebutuhan kesehariannya berjualan makanan atau minuman segar, karena malam haripun bisa dimanfaatkan dalam mengais rejeki, seperti di kota-kota besar lainnya.

Hal yang sama disampaikan Asep, salah seorang karyawan disebuah perusahaan di jalan industry. Menurutnya, jalan industry kalau malam gelap apalagi musim hujan dan air menggenangi jalan bisa berbahaya kalau tidak hati-hati. “Perusahaan industry memerlukan penerangan yang tinggi, dan kontribusi untuk pajak penerangan jalan umum yang masuk ke APBD Cimahi paling besar, tapi fasilitasnya masih sangat kurang,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Cimahi, Yani Rijaningsih mengatakan, PJU di Kota Cimahi dari mulai batas kota Bandung hingga batas Kabupten Bandung Barat sudah ada penerangan, dan kalau untuk wilayah Leuwi Gajah, Melong dan beberapa titik lainnya memang sebenarnya sudah di pasang PJU, tapi karena sering ada yang mencuri sehingga PJU tersebut tidak ada.

“Jika dibandingkan dengan kota disektar Cimahi, penerangan jalan Cimahi tidak kalah terang,“ tandasnya. (Bubun M)  

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

  1. thanks a lot neelima of all these, your cnmmeot is the most precious cos i know u r not much into poetry, but still u took time out and read the whole piece!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close