Regional

DPRD Kota Cimahi Godok Raperda Jamkesda

Cimahi, BEDAnews

DPRD Kota Cimahi tengah mempersiapkan pembahasan Raperda Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Hingga kini pembahasannya sudah pada proses naskah akademik.

Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Kota Cimahi, Edi Kanedi menyebutkan,  Jamkesmas merupakan program pemerintah Pusat dan ditargetkan hingga tahun 2019 program tersebut sudah terealisasi se-Indonesia, sehingga program ini harus sesegera mungkin terealisasi.

“Namun pada pelaksanaan dilapangan, masih banyak warga masyarakat yang belum terlayani dengan Jamkesmas, untuk mengatasinya dilakukan melalui Jamkesda,” papar Edi, di Gedung DPRD Kota Cimahi, Rabu (21/11).

Pada rapat Bamus DPRD Cimahi kemarin, Program Jamkesda tersebut direncanakan akan menggunakan anggaran APBD atau anggaran pendamping, diharapkan prolegda pro rakyat tersebut sebagai langkah tindak lanjut dari Jamkesmas yang efektif dalam menangani kesehatan masyarakat.

Dikatakannya, Banleg mendesak pada Pimpinan Dewan agar program ini dapat terlaksana sesuai dengan agenda yang telah dilaksanakan dan menjadi bagian program prioritas, karena hal yang strategis dalam mendorong pembangunan derajat kesehatan bagi masyarakat kota Cimahi, sehingga prolegda tersebut sangat penting untuk di realisasikan.

Raperda Jamkesmas merupakan program yang pernah diusulkan dan mendapatkan sumber anggaran dari APBD. Akhirnya dalam waktu dekat pada tahun 2013 dapat di gulirkan, Raperda Jamkesda juga sudah dibicarakan dengan dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

“Saat ini tinggal ke proses legal draft raperda, kemudian setelah itu baru akan dilakukan pembahasan rancangan peraturan daerah,” tandasnya. (Bubun) 

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close